Bapas Karangasem Awasi Klien Asimilasi melalui RPM

Bapas Karangasem Awasi Klien Asimilasi melalui RPM

Karangasem, INFO_PAS - Balai Pemasyarakatan (Bapa) Kelas II Karangasem tak henti-hentinya berinovasi. Salah satu inovasi yang diterapkan adalah pengawasan Klien Asimilasi di rumah melalui Ranting Pengendalian dan Monitoring (RPM) dengan memanfaatan aplikasi Zenly yang berbasis Android.

Kepala Bapas Karangasem, I Kadek Dedy Wirawan Arintama, menyampaikan ada beberapa hal yang melatarbelakangi inovasi ini di mana wilayah Bapas Karangasem mencakup tiga wilayah. Apalagi, pandemi Coronavirus disease (COVID-19) menuntut terobosan dalam pengawasan Klien dengan memanfaatkan Teknologi Informasi (TI) demi menyukseskan program Asimilasi di rumah sesuai Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Permenkumham) RI Nomor 24 tahun 2021 tentang perubahan atas Permenkumham Nomor 32 tahun 2020.

“Kami melakukan antisipasi bila ada Klien yang melakukan pengulangan tindak pidana lagi. Tujuannya memudahkan para Pembimbing Kemasyarakatan (PK) dan Asisten PK (APK) untuk melakukan pengawasan serta mengetahui posisi/lokasi keberadaan Klien masing-masing,” imbuh Kadek, Selasa (3/8).

Salah satu PK Pertama, I Ketut Ardi Prapta, mengungkapkan sistem pengawasan melalui RPM nantinya akan menjadikan Bapas Karangasem sebagai pengendali melalui call center setelah para PK/APK memasukkan nomor telepon para Klien pada handphone call centre dan mewajibkan Klien menginstal aplikasi Zenly pada gawai masing-masing. Apabila nantinya Klien berpindah keluar kota tanpa izin atau terdeteksi sama sekali tidak bergerak dalam waktu maksimal 48 jam, maka akan dilakukan komunikasi kepada para Klien untuk mengonfirmasi keberadaannya.

Dengan adanya program ini diharapkan dapat membantu pelaksanaan tugas kami melalui TI di bidang pengawasan pada masa pandemi COVID 19,” harap Ketut. (IR)

 

 

Kontributor: Bapas Karangasem

 

What's Your Reaction?

like
2
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0