Bentuk Gugus Depan, WBP Rutan Batang Dilatih Dasar-Dasar Pramuka

Bentuk Gugus Depan, WBP Rutan Batang Dilatih Dasar-Dasar Pramuka

Batang, INFO_PAS – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Batang bekerja sama dengan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Batang akan segera membentuk gugus depan (gudep). Demikian dikatakan Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan merangkap Pelaksana Tugas Kepala Subseksi Pelayanan Tahanan, Dhoni Arib Setyawan, Kamis (18/2).

“Kami telah berkoordinasi dengan Gerakan Pramuka Kwarcab Kabupaten Batang beberapa minggu yang lalu dan kami sepakat akan membentuk gudep di Rutan Batang,” terang Dhoni. Pihaknya menargetkan gudep akan segera terbentuk di bulan Februari ini.

Pembentukan gugus depan merupakan bagian dari pembinaan kepribadian Warga Binaan Pemasyarkatan (WBP), khususnya yang berusia muda atau masih sekolah. Untuk mempersiapkan pembentukan gudep, Dhoni sengaja melatih calon Pramuka WBP dasar-dasar kepramukaan seperti baris berbaris. Selain itu mereka juga diajarkan Dasa Dharma Pramuka.

“Harapannya nanti saat peresmian gudep, Pramuka WBP sudah bisa baris berbaris dan hapal Dasa Dharma Pramuka,” lanjut Dhoni.

Sementara itu, Kepala Rutan Batang, Rindra Wardhana, menegaskan pihaknya berkomitmen meningkatkan pelayanan kepada WBP. Untuk itu, ia terus menjalin kerja sama dengan berbagai instansi dan masyarakat termasuk dengan Gerakan Pramuka Kwarcab Kabupaten Batang.

Rindra berharap pelayanan yang diberikan oleh Rutan Batang dapat dirasakan baik oleh WBP maupun masyarakat. Hal ini juga dinilai mampu mendorong Rutan Batang mendapatkan predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang merupakan target Rutan Batang di tahun 2021 setelah sebelumnya mendapatkan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi di tahun 2020. (prv)

 

 

Kontributor: Rutan Batang

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0