Bersama Damkar Kota Jayapura, Lapas Abepura Sosialisasikan Cegah Kebakaran

Bersama Damkar Kota Jayapura, Lapas Abepura Sosialisasikan Cegah Kebakaran

Abepura, INFO_PAS - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Abepura berbenah bersama Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Jayapura dengan melakukan sosialisasi antisipasi kebakaran dan simulasi di halaman kantor Lapas tersebut, Jumat (30/9). Sosialisasi antisipasi kebakaran dan simulasi di Lapas perlu dilakukan mengingat terjadinya kebakaran di Lapas Abepura beberapa tahun lalu.

Dalam arahannya, Kepala Lapas Abepura, Sulistyo Wibowo, mengatakan api kecil menjadi kebutuhan dan api besar menjadi jadi musuh. “Masalah kebakaran tidak bisa kita duga. Untuk itu, perlu pencegahan. Dalam hal ini, kami tidak bisa berjalan sendiri. Perlu dukungan dari Damkar Kota Jayapura untuk memberikan pengetahuan dan informasi terkait antisipasi kebakaran,” terangnya.

Selanjutnya, ia memberi penguatan terhadap jajarannya terkait pengawasan dan pengamanan, terutama dalam hal instalasi listrik, agar menghindari korsleting listrik yang bisa menyebabkan insiden kebakaran.

Sementara itu, Kepala Bidang Kebakaran Kota Jayapura, Margaretha V.S. Kirana, memberi arahan tentang pentingnya pengetahuan dasar dalam antisipasi kebakaran ringan dengan cara menggunakan alat tradisional maupun Alat Pemadam Api Ringan. Dilakukan pula simulasi pemadaman kebakaran didampingi petugas damkar

"Ini merupakan bekal dasar bagi petugas dalam melaksanakan tugas apabila terjadi kebakaran sebagai pertolongan atau tindakan awal, baik di tempat tugas maupun di rumah,” terang Margaretha.

Diharapkan sosialisasi dan simulasi ini menjadi bekal dalam hal mencegah kebakaran di Lapas Abepura sehingga petugas Lapas mengerti serta memahami penanganan dan langkah yang harus dilakukan ketika terjadi insiden kebakaran. (IR)

 

Kontributor: Lapas Abepura

 

 

 

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0