Di Hadapan TPI, Rutan Bangli Paparkan 3 Inovasi

Denpasar, INFO_PAS - Kelompok Kerja (Pokja) Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani Rumah Tahanan Negara (Rutan) Bangli paparkan inovasi pelayanan di hadapan Tim Penilai Internal (TPI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, Senin (26/4). Sebanyak tiga inovasi pelayanan diunggulkan dalam penilaian kali ini, salah satunya adalah Sistem Informasi dan Pengusulan Integrasi Online Rutan Bangli atau "Si Sultan Rubli".
"Kami terus berupaya menciptakan terobosan-terobosan terbaru dalam upaya menunjang pelayanan publik yang kami lakukan,” ujar Kepala Rutan (Karutan) Bangli, Febrianyah.
Lebih lanjut, ia mengungkapkan manfaat yang dapat diterima oleh pengguna layanan Si Sultan Rubli. "Masyarakat yang ingin mengajukan pengusulan hak integrasi sekaligus menyetorkan dokumen bisa langsung melakukannya di aplikasi, tak perlu repot datang ke Rutan lagi," ungkap Karutan.
Tak hanya inovasi, TPI membabat habis enam area perubahan yang telah dilakukan Tim Pokja Rutan Bangli meliputi Manajemen Perubahan, Penataan Tata Laksana, Manajemen SDM, Penguatan Akuntabilitas Kerja, Penguatan Pengawasan, dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.
"Keenam area perubahan menjadi tolak ukur nantinya, apakah Unit Pelaksana Teknis ttelah mencanangkan serta mewujudkan Pembangunan ZI untuk menciptakan pelayanan publik yang lebih mumpuni," tutur Febriansyah.
Dari hasil penilaian, ada beberapa catatan TPI yang harus segera dipenuhi dan diinput kembali oleh Rutan Bangli, salah satunya mengenai paparan dan video profil Rutan. Untuk itu, Karutan berpesan untuk memanfaatkan waktu revisi data dukung sebaik-baiknya.
"Tim Pokja harus bergerak dan sesegera mungkin memperbarui data dukung yang direvisi sehingga TPI bisa mengecek kembali dan menentukan apakah Rutan Bangli layak melaju ke Tim Penilai Nasional," pesannya. (IR)
Kontributor: Rutan Bangli
What's Your Reaction?






