Dibekali Pelatihan, Petugas Ditjenpas Siap Berikan Pelayanan Prima

Dibekali Pelatihan, Petugas Ditjenpas Siap Berikan Pelayanan Prima

Jakarta, INFO_PAS – Untuk memenuhi kebutuhan permohonan informasi dan pelayanan kepada masyarakat, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) terus meningkatkan kompetensi dan kapasitas petugas pelayanan informasi. Kamis (30/9), Petugas Meja Informasi Ditjenpas kembali diberikan Penguatan Layanan Terpadu serta Pelatihan Public Speaking.

Bertempat di Ruang Saharjo Ditjenpas, Kepala Bagian Humas dan Protokol, Rika Aprianti, menjadi pembicara dalam kegiatan tersebut. Menurutnya, dalam pelaksanaan tugas di meja informasi, kemampuan public speaking dapat membantu petugas agar dapat melakukan pelayanan informasi dengan lebih baik.

“Kali ini, kita banyak melakukan sharing pengalaman serta berdiskusi tentang apa itu public speaking, kendala yang dialami petugas atau yang mungkin akan terjadi, serta bagaimana mengatasinya,” jelas Rika.

Dilanjutkan Rika, selain kemampuan public speaking, petugas di meja informasi harus memperhatikan beberapa hal mendasar seperti penampilan, ekspresi, cara berpakaian, cara berbicara, cara bertanya, dan lain-lain.

“Pesan saya, pada saat melakukan public speaking, kita harus tampil percaya diri dan menguasai materi sehingga informasi yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh audience,” lanjut Rika lagi.

Pada kesempatan tersebut, dijelaskan tiga indikator layanan informasi yang optimal yakni kemampuan petugas dalam memberikan solusi nyata, kemampuan berempati, serta kemampuan dalam memberikan layanan prima. Melalui kegiatan Penguatan Layanan Terpadu serta pelatihan public speaking, diharapkan dapat meningkatkan kompetensi petugas sehingga mampu mengoptimalkan pelayanan informasi yang diberikan kepada masyarakat. (yp/prv)

What's Your Reaction?

like
1
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0