Dikomandoi Kadiv PAS DIY, Pasukan Merah Putih Kembali Beraksi

Dikomandoi Kadiv PAS DIY, Pasukan Merah Putih Kembali Beraksi

Yogyakarta, INFO_PAS - Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham D.I. Yogyakarta beserta segenap jajaran menggandeng Pasukan Merah Putih untuk melaksanakan kerja bakti membersihkan lingkungan, Selasa (11/2). Lingkungan yang dibersihkan meliputi kompleks perkantoran Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan dan gedung pamer hasil karya Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di bilangan Jalan Tamansiswa, Yogyakarta.

Kegiatan dimulai pukul 07.00 WIB diawali briefing singkat Kepala Divisi Pemasyarakatan Yogyakarta, Gusti Ayu Putu Suwardani. Peserta kegiatan terdiri dari jajaran Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham D.I. Yogyakarta dan Pasukan Merah Putih D.I. Yogyakarta yang merupakan gabungan jajaran UPT Pemasyarakatan wilayah D.I.Yogyakarta.

Pada kegiatan ini, Pasukan Merah Putih yang berpartisipasi berasal dari UPT Pemasyarakatan yang berkedudukan di sekitar Jalan Tamansiswa, yakni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Yogyakarta, Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara Kelas I Yogyakarta, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Yogyakarta, dan Lapas Perempuan Kelas IIA Yogyakarta.

Beberapa WBP dari Lapas Yogyakarta, Rutan Yogyakarta, dan Lapas Perempuan juga dikerahkan untuk membantu menyelesaikan pekerjaan yang ada. Cuaca mendung cenderung berawan seakan mendukung giat kerja bakti karena Pasukan Merah Putih bisa bekerja tanpa terganggu teriknya sengat matahari.

Gusti Ayu langsung membagi Pasukan Merah Putih ke dalam empat kelompok guna membersihkan empat area target kerja bakti. Kelompok pertama bertanggung jawab membersihkan lingkungan sekitar jalan masuk ke area Rutan Yogyakarta. Kelompok kedua bertugas membersihkan akses masuk ke komplek rumah dinas Lapas Yogyakarta. Sepanjang Jalan Tamansiswa dan komplek gedung pamer Wisma Pengayoman menjadi zona tugas kelompok ketiga. Terakhir, bagian dalam ruang pamer hasil Karya WBP dibersihkan kelompok empat.

Gusti Ayu menyampaikan dirinya akan menjadwalkan kerja bakti Pasukan Merah Putih secara rutin. Harapannya, kegiatan pembersihan lingkungan secara rutin dapat menjaga kebersihan dan kerapihan lingkungan sekitar komplek Pemasyarakatan di sekitar Jalan Tamansiswa.

“Area gedung pamer hasil karya WBP yang kurang terawatt harus kita benahi danjaga kebersihannya karena gedung itu merupakan cerminan hasil kerja keras pembinaan petugas dan ekspresi kreativitas WBP,” ujarnya.

Gusti Ayu juga berpesan kepada Pasukan Merah Putih yang bertugas membersihkan daerah sepanjang Jalan Tamansiswa untuk berhati-hati akan lalu-lalang kendaraan yang ada dan merapikan pepohonan yang ada secara saksama. “Pepohonan yang ada hanya kita rapikan, bukan ditebang, karena pepohonan itu di bawah kewenangan dinas dari Pemerintah Kota Yogyakarta,” tutupnya.

Usai pengarahan, Pasukan Merah Putih melakukan doa bersama agar kegiatan berjalan lancar, kemudian mulai bergotong-royong membersihkan area-area yang telah menjadi target kerja bakti.

 

 

Kontributor: Divisi PAS DIY

What's Your Reaction?

like
1
dislike
0
love
1
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0