Dirjenpas: IPKEMINDO Implementasi Pelaksanaan Pembimbingan WBP dan Klien

Dirjenpas: IPKEMINDO Implementasi Pelaksanaan Pembimbingan WBP dan Klien

Jakarta, INFO_PAS – Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjenpas), Reynhard Silitonga berharap dengan dikukuhkannya kepengurusan Ikatan Pembimbing Kemasyarakatan Indonesia (IPKEMINDO) periode 2021-2023 mampu memberikan kontribusi dan dukungan secara nyata kepada organisasi Pemasyarakatan. Hal ini disampaikan Dirjenpas pada Pengukuhan Dewan Pengurus Pusat (DPP) IPKEMINDO, Rabu (24/3).

“Saya mengucapkan selamat kepada DPP IPKEMINDO yang telah saya kukuhkan, teruslah berkontribusi bagi organisasi dan juga Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia,” tegas Reynhard.

Pengukuhan ini diikuti oleh jajaran Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas), para pengurus organisasi IPKEMINDO, dan jajaran Pemibimbing Kemasyarakatan (PK).

Reynhard menyampaikan bahwa pelaksanaan pengukuhan ini dilaksanakan setelah diselenggarakannya Kongres IPKEMINDO Pusat pada Rabu 16 Desember 2020 lalu. Pada kesempatan itu, dilakukan pemilihan ketua umum yang demokratis dan melalui mekanisme profiling kandidat calon ketua IPKEMINDO secara musyawarah dan mufakat.

Lebih lanjut, Reynhard manyampaikan IPKEMINDO merupakan organisasi profesi sebagai amanat dari pelaksanaan Jabatan Fungsional PK pada Ditjenpas. Organisasi IPKEMINDO merupakan keharusan, sebagaimana tertuang dalam Pasal 40 Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 22 Tahun 2016 tentang Jabatan Fungsional Pembimbing Kemasyarakatan.

Keberadaan dan eksistensi organisasi diakui secara konstitusional, dengan jumlah PK dan Asisten Pembimbing Kemasyarakatan (APK) yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia sebanyak 2.322 orang. Seluruh PK dan APK tergabung dalam organisasi profesi ini dan didambakan menjadi organisasi profesi yang baik.

"Saya berharap semoga di bawah kepemimpinan ketua yang baru, IPKEMINDO akan lebih berkembang dan mampu menghasilkan berbagai kinerja yang lebih baik, menciptakan teamwork yang solid, ditunjang oleh seluruh anggota,” pungkas Reynhard. (O2/prv)

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0