Ditjenpas Gelar Pelatihan “Service Excellence”, Tingkatkan Kualitas Pelayanan di UPT Pemasyarakatan

Ditjenpas Gelar Pelatihan “Service Excellence”, Tingkatkan Kualitas Pelayanan di UPT Pemasyarakatan

Jakarta, INFO_PAS - Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) gelar pelatihan “Service Excellence” atau Pelayanan Prima bagi para petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Balai Pemasyarakatan (Bapas) pada Selasa (9/12). Kegiatan yang digelar di Graha Bakti Pemasyarakatan Ditjenpas ini merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas layanan Pemasyarakatan serta membangun kenyamanan dan kepercayaan melalui sikap yang empatik.

Saat membuka kegiatan, Kepala Subdirektorat Kerja sama, Rika Aprianti, menyampaikan kepada para peserta bahwa pelatihan ini adalah ilmu. “Terima kasih kepada seluruh peserta yang telah hadir. Jangan berhenti untuk terus belajar karena pelatihan ini adalah ilmu untuk kita semua,” pesannya.

Pelatihan yang menghadirkan trainer professional, David Pranata, ini menekankan pentingnya komunikasi efektif dan kemampuan dalam membangun hubungan yang baik dengan masyarakat maupun keluarga Warga Binaan. Kegiatan ini menjadi komitmen Ditjenpas untuk mendorong transformasi pelayanan publik di seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan.

Dalam pemaparannya, David Pranata menjelaskan pelayanan prima bukan sebatas menjalankan prosedur, tetapi bagaimana seorang petugas mampu memberikan pengalaman yang positif, hangat, dan berkesan bagi penerima layanan. “Pelayanan prima bukan hanya memenuhi permintaan pelanggan, tetapi juga menciptakan pengalaman yang positif, menyenangkan, dan berkesan,” ujarnya.

Usai pemaparan narasumber, dilanjutkan dengan praktik “Service Excellence”. Beberapa peserta berlatih menangani komplain secara profesional melalui sesi role play, seperti menghadapi situasi emosional dari keluarga Warga Binaan, meredakan ketegangan, hingga menawarkan solusi tanpa bersikap defensif.

Melalui pelatihan ini, Ditjenpas berharap para peserta dari Lapas dan Bapas menerapkan nilai-nilai pelayanan prima dalam setiap tugas, mulai dari pelayanan kunjungan, layanan integrasi, pengawasan Klien, hingga penanganan komplain. Upaya ini menjadi langkah nyata dalam mendorong peningkatan kualitas layanan publik di seluruh UPT Pemasyarakatan.

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0