Duta Layanan LPN Jakarta Melayani dengan Sepenuh Hati

Duta Layanan LPN Jakarta Melayani dengan Sepenuh Hati

Jakarta, INFO_PAS - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Narkotika Jakarta terus bertekad memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, khususnya para pengunjung. Hal tersebut diwujudkan dari komitmen yang diimplementasikan dengan menetapkan beberapa petugas Lapas Narkotika Jakarta guna mengemban tugas Duta Pelayanan sebagai ikon positif dalam memberi kemudahan akses pelayanan terhadap pengunjung, termasuk bagi kelompok difabel dan lanjut usia (lansia).

“Selain mindset sumber daya manusia yang terus digenjot sebagai implementasi dari penguatan komitmen dalam memberikan pelayanan prima, ini juga bukti tekad kami dalam mewujudkan Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM),” kata Kepala Lapas Narkotika Jakarta, Oga Gioffanni, Kamis (20/2).

 

Menurut Oga, selain infrastruktur serta inovasi dari beberapa spot layanan, konsep Hak Asasi Manusia (HAM) juga dikedepankan. “Ada beberapa titik pelayanan yang kami sempurnakan guna mengakomodir pengunjung difabel yang berniat mengunjungi sanak keluarga atau kerabat yang sedang menjalani pembinaan di Lapas Narkotika Jakarta,” ungkap Oga.

Selain itu, ketersediaan petugas siaga dalam pelayanan yang diberikan pada proses kunjungan terus dioptimalkan. Kesiapan petugas turut mendukung pelayanan prima sekaligus mendorong Revitalisasi Pemasyarakatan dalam mewujudkan pelayanan publik berbasis HAM. “Dukungan pelayanan tersebut diwujudkan dengan pembentukan Duta Layanan yang dipadukan dengan busana khas Betawi untuk menghadirkan nuansa Betawim” ujar Oga.

Dukungan layanan kunjungan yang diberikan oleh Duta Layanan berlaku sejak pencanangan pembangunan ZI Menuju WBK Bulan Januari 2019 lalu dan seterusnya pada hari-hari pelayanan. “Atribut identitas Duta Layanan menjadi simbol yang harus digunakan dalam pelaksanaan tugasnya. Atribut yang digunakan bertujuan memudahkan masyarakat dalam mengenali identitas fasilitator pelayanan Lapas Narkotika Jakarta,” tambah Oga.

Heriyanto Syafrie selaku Koordinator Tim Kelompok Kerja Peningkatan Kualitas Pelayanan menjelaskan peran Duta Layanan dalam pelayanan kunjungan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) bukan sekadar memberikan penjelasan kepada masyarakat terkait ketentuan layanan kunjungan, tetapi juga memberikan perhatian khusus dalam membantu kelancaran kunjungan untuk kelompok rentan, seperti lansia, anak, ibu hamil, dan disabilitas.

“Semua proses kunjungan dari registrasi kunjungan, pemeriksaan barang dan badan, bantuan penggunaan alat kelompok rentan menuju ruang kunjungan, pelaksanaan kunjungan, hingga berakhirnya kunjungan dibantu Duta Layanan yang telah ditunjuk,” jelasnya.

Duta layanan juga memilki peran melayani masyarakat ataupun stakeholder lain yang membutuhkan informasi terkait informasi masa pidana dan pengurusan Pembebasan Bersyarat, Cuti Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan remisi WBP.

Tim Humas Lapas Narkotika Jakarta coba mewawancarai salah satu pengunjung pengguna layanan. Pengunjung bernama Rina pun memberikan komentarnya terkait hadirnya Duta Layanan.

“Sekarang pelayanan di sini sudah jauh lebih baik dari sebelumnya. Saya merasa puas, tidak kebingungan lagi, dan dilayani dengan ramah karena petugasnya juga muda-muda dan tampan,” ucap Rina

Ia berharap Lapas Narkotika Jakarta terus meningkatkan kualitas pelayanan sehingga semua pengguna layanan dapat merasakan kepuasan dalam pelayanan.

 

Kontributor: Ayep Saepuloh

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0