Gagas Sejumlah Inovasi, Rutan Pinrang Optimis Raih Predikat WBBM Tahun 2021

Gagas Sejumlah Inovasi, Rutan Pinrang Optimis Raih Predikat WBBM Tahun 2021

Pinrang, INFO_PAS – Usai mengikuti pendampingan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dari Tim Penilai Internal Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Pinrang optimis meraih predikat WBBM di tahun 2021. Beberapa langkah telah dilakukan, salah satunya menyiapkan 24 inovasi layanan yang dipastikan berdampak pada peningkatan kualitas layanan publik di Rutan Pinrang.

Dari sekian inovasi yang digagas oleh Rutan Pinrang, menurut Kepala Rutan (Karutan) Pinrang, Wahyu Trah Utomo, 10 di antaranya menjadi inovasi unggulan dalam meraih predikat WBBM. “Untuk sementara ada 24 inovasi. Ke depannya masih bisa kita upgrade lagi, tergantung situasi dan kebutuhan di lapangan,” bebernya, Selasa (24/8).

Adapun inovasi yang diunggulkan, sambung Karutan, di antaranya berbasis teknologi informasi, seperti Sistem Penomoran Surat Online  (Pes On), Sistem Adminsitrasi Pelayanan Tahanan (Siapta), Sistem Kesehatan Warga Binaan (Sisehat), Laporan Pembinaan Online (Ponali) dan Papan Informasi Digital (e-Info), dan Tanya Maki.

Lebih lanjut, Wahyu juga membeberkan inovasi Rutan Pinrang dalam bentuk program, seperti Layanan Pendidikan Masyarakat (Yandikmas), Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pengayoman Lasinrang, Pos Bantuan Hukum (Posbakum) Situlung, Layanan Full Week Service, dan I Care You. Melalui inovasi unggulan tersebut, Karutan Pinrang berharap dapat memberikan dampak yang benar-benar dirasakan oleh masyarakat selaku penerima layanan.

“Kami menggagas beberapa inovasi dengan harapan dapat memberikan manfaat nyata, efektif, dan efisien penggunaannya sehingga masyarakat dapat benar-benar terlayani dengan baik,” harap Wahyu.

Selain inovasi layanan, Rutan Pinrang memberikan tiga kompensasi layanan sebagai bentuk jaminan dan garansi bagi masyarakat yang kurang puas akan layanan di Rutan Pinrang. Kompensasi yang dimaksud berupa tambahan video call selama tiga menit bagi keluarga Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang berkenan mengisi survei tiap harinya.

Tak hanya itu, pengunjung yang mengikuti prosedur pemeriksaan barang dan makanan titipannya lebih dari 15 menit juga diberikan makanan ringan saat berkunjung ke Rutan Pinrang. Terakhir, adanya layanan antar pulang sampai rumah bagi WBP berdomisili Kabupaten Pinrang yang telah bebas.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Sulawesi Selatan, Harun Sulianto, mengimbau seluruh jajaran Rutan Pinrang terus menjaga semangat dan komitmennya dalam meraih predikat WBBM di tahun 2021. “Pertahankan semangat dan integritas, komitmen jangan sampai luntur. Jaga selalu kualitas layanan, jangan sampai ada berita-berita miring, kita harus terus menjaga marwah Kemenkumham yang sudah sama-sama kita bangun. Semoga tahun ini Rutan Pinrang dan Kanwil dapat meraih predikat WBBM,” pungkasnya. (prv)

 

Kontributor: Rutan Pinrang

What's Your Reaction?

like
1
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0