Gandeng Bank BNI, Rutan Unaaha Sosialisasikan Budaya Pelayanan Prima

Gandeng Bank BNI, Rutan Unaaha Sosialisasikan Budaya Pelayanan Prima

Unaaha, INFO_PAS – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Unaaha gandeng Bank BNI Cabang Pembantu Unaaha berikan berikan pelatihan dan sosialiasi budaya prima, Senin (11/12). Kegiatan ini diikuti petugas Rutan Unnaha di aula Rutan guna meningkatkan budaya pelayanan prima.

Kepala Rutan Unaaha, Hery Kusbandono, menjelaskan budaya pelayanan prima dimaksudkan agar para petugas memiliki pribadi yang mampu memberikan pelayanan prima bagi Warga Binaan maupun pengunjung atau masyarakat. Selain itu, dapat pula diketahui tingkat kinerja penyelenggaraan pelayanan dan perbandingan data antara harapan dan kebutuhan masyarakat.

Maka, Hery berharap pelatihan ini mengubah budaya kerja dan pola pikir guna meningkatkan kualitas pelayanan dan menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik. “Harapan kami, selesai pelatihan ini rekan-rekan mendapatkan peningkatan pemahaman, kapasitas, dan kompetensi dalam pelayanan prima serta menularkan ilmunya ke rekan kerja lain,” harapnya.

Dalam pelatihan budaya kerja tersebut, Hendra Hamza selaku Direct Sales Representative Bank BNI Cabang Pembantu Unaaha membahas tiga kunci penting, yakni pelayanan, handling complaint, dan integritas. Ia juga memberikan brilian ways, yaitu delapan perilaku kunci dalam memberikan pelayanan serta SMART service, yakni Sigap, Mudah, Akurat, Ramah, Terampil.

“Dalam memberikan layanan, hendaknya diawali dengan senyuman, sapa, dan salam. Gunakan kalimat positif yang mudah dipahami dan nada yang baik. Selain itu, gunakan gerak badan yang meyakinkan dan sopan. Jangan lupa berpenampilan dan berpakaian yang menarik, namun tetap memperhatikan etika kesopanan,” jelas Hendra.

“Setelah itu, jelaskan dengan baik hal yang dibutuhkan penerima layanan. Usahakan komunikasi dua arah, hindari komunikasi satu arah karena akan berkesan tidak komunikatif,” tambah Hendra.

Untuk melatih kesiapan dalam pelayanan, petugas Rutan Unaaha juga diberikan kesempatan untuk mempraktikkan langsung berupa role play standar pelayanan. Selanjutnya, pelatihan dan monitoring berkelanjutan akan dilakukan secara berkala untuk memastikan standar pelayanan prima di Rutan Unaaha berjalan dengan baik. (IR)

 

Kontributor: Rutan Unaaha

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0