Gandeng BRI Kanca Negara, Rutan Negara Bertekad Tingkatkan Pelayanan Publik

Gandeng BRI Kanca Negara, Rutan Negara Bertekad Tingkatkan Pelayanan Publik

Negara, INFO_PAS - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Negara bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang (Kanca) Negara gelar sosialisasi pelayanan prima bagi jajarannya, Jumat (20/6). Bertempat di Garuda Wisnu Kencana Rutan Negara, kegiatan ini digelar untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas pelayanan publik di lingkungan Pemasyarakatan,

Pelaksana Tugas Kepala Rutan Negara, I Gusti Agus Putra Mahendra, menyampaikan apresiasi atas dukungan dan partisipasi BRI Kanca Negara dalam memberikan kontribusi nyata bagi peningkatan kapasitas sumber daya manusia di Rutan Negara. "Pelayanan prima bukan hanya milik sektor perbankan atau swasta. Di lingkungan Pemasyarakatan pun kita dituntut untuk memberikan layanan yang cepat, tepat, dan ramah, baik kepada Warga Binaan, keluarga mereka, maupun masyarakat umum. Sosialisasi ini sangat penting untuk membuka wawasan kita agar memberikan pelayanan humanis, profesional, dan berintegritas," ujarnya.

Dalam sesi utama kegiatan, tim dari BRI Kanca Negara yang dipimpin oleh Anak Agung Gde Eka Kurniawan selaku Consumer Bisnis Manager membawakan materi bertema ‘Membangun Budaya Pelayanan Prima di Lingkungan Kerja’. Materi yang disampaikan mencakup prinsip dasar pelayanan prima seperti 3S atau Senyum, Sapa, Salam, ketepatan waktu pelayanan, etika komunikasi, penanganan komplain secara solutif, dan pentingnya empati dalam setiap interaksi layanan.

Tim BRI Kanca Negara juga menyampaikan penerapan pelayanan prima bukan hanya bertujuan meningkatkan kepuasan pengguna layanan, tetapi juga menciptakan lingkungan kerja yang harmonis dan produktif. Mereka mendorong para petugas untuk melihat pelayanan sebagai bentuk pengabdian dan kontribusi terhadap bangsa.

Para peserta tampak aktif dalam mengikuti sosialisasi. Tidak hanya mendengarkan paparan materi, tetapi juga berpartisipasi dalam diskusi dan simulasi pelayanan. Beberapa petugas bahkan membagikan pengalaman mereka dalam menghadapi berbagai dinamika pelayanan di Rutan, mulai dari menghadapi pengunjung yang emosional hingga pengelolaan antrean kunjungan saat hari padat.

Salah satu peserta, Sagung Andrie, mendapat banyak pengetahuan praktis yang bisa langsung diterapkan dalam pekerjaan sehari-hari. “Sosialisasi ini membuka wawasan kami tentang pentingnya komunikasi positif dan pelayanan tulus untuk meningkatkan citra institusi,” ujarnya.

Sosialisasi ini diharapkan membekali petugas dengan pemahaman mendalam mengenai pentingnya pelayanan prima sebagai bagian dari upaya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik serta Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. Ke depannya, Rutan Negara berkomitmen menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan prima dan menjadi agen perubahan di lingkungan Pemasyarakatan. (IR)

 

 

Kontributor: Rutan Negara

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
1
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0