Gandeng UMKM Lokal, Bapas Surabaya Latih Klien Produksi Telur Asin

Gandeng UMKM Lokal, Bapas Surabaya Latih Klien Produksi Telur Asin

Surabaya, INFO_PAS – Sebanyak 15 Klien Balai Pemasyarakatan (Bapas) Surabaya mengikuti pelatihan pembuatan telur asin selama dua hari pada 1-2 September 2021. Berbeda dengan kegiatan bimbingan kemandirian Klien yang biasanya diselenggarakan di lingkungan Bapas Surabaya, kali ini Klien belajar on the spot di UD. Adon Jaya, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal di wilayah Sidoarjo.

UD. Adon Jaya merupakan UMKM yang bergerak dalam bidang pengolahan telur asin dengan berbagai macam varian, seperti pentol telur asin dan kerupuk telur asin. Bapas Surabaya menggandeng UD. Adon Jaya untuk memberikan pelatihan kepada Klien yang diharapkan dapat menjadi bekal keterampilan bagi mereka.

“Kegiatan ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh Bapak dan Ibu sekalian, banyak ilmu yang akan diberikan, semoga bermanfaat,” demikian disampaikan Kepala Bapas Surabaya, Arif Rahman, saat membuka kegiatan. Ia menambahkan, Bapas Surabaya akan selalu berusaha menyelenggarakan pelatihan-pelatihan bagi Klien tanpa dipungut biaya.

Para peserta tampak antusias mengikuti setiap arahan dan bimbingan yang langsung diberikan oleh Sulaiman selaku pemilik UD. Adon Jaya. Keceriaan  tampak di wajah Febri (27), Klien Asimilasi dari Rumah Tahanan Negara Perempuan Surabaya.  Wanita asal Sidoarjo ini begitu bersemangat mengikuti setiap instruksi yang diberikan.

“Saya senang ikut kegiatan ini. Setelah ikut pelatihan mudah-mudahan nanti saya bisa buka usaha sendiri,” ujar Febri bersemangat.

Sementara, Mascharobiyun (28), peserta pelatihan yang merupakan Klien Pembebasan Bersyarat Bapas Surabaya, menyatakan bahwa pelatihan kemandirian yang diikutinya kali ini menginspirasinya untuk memulai usaha mandiri. Saya jadi ingin mengikuti Pak Sulaiman, usaha telor asin. Buat buat kami para peserta yang sedang mencari ladang usaha untuk bangkit kembali, kegiatan ini sangat bermanfaat. Terima kasih untuk kemasan pelatihannya,” tuturnya.

Dalam waktu dekat, Bapas Surabaya akan kembali mengadakan pelatihan untuk Kliennya. Dari hasil penjaringan minat dan bakat Klien, kami akan mengadakan pelatihan potong rambut. Tahun ini kami telah melakukan pelatihan pembuatan jajanan dan minuman kekinian, telor asin, yang berikutnya potong rambut,” urai Soliq selaku Kepala Subseksi Bimbingan Kerja Bimbingan Klien Dewasa Bapas Surabaya. (prv)

 

Kontributor: Bapas Surabaya

What's Your Reaction?

like
1
dislike
0
love
1
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0