Hadirkan Tranformasi Layanan Imipas Berdampak, Menimipas Raih Penghargaan detikcom Awards

Hadirkan Tranformasi Layanan Imipas Berdampak, Menimipas Raih Penghargaan detikcom Awards

Jakarta, INFO_PAS - Menteri Imigrasi dan Pemasyarakatan (Menimipas), Agus Andrianto, raih penghargaan “Tokoh Transformasi Pelayanan Imigrasi dan Pemasyarakatan Berdampak” pada detikcom Awards 2025 di The Westin Jakarta, Selasa (25/11) malam. Penghargaan ini diberikan atas keberhasilan Agus memimpin Kementerian Imigrasi dan Pemasyarakatan (Kemenimipas) menghadirkan rangkaian inovasi pelayanan publik yang dinilai membawa perubahan signifikan bagi masyarakat dan negara.

Usai menerima penghargaan, Menimipas menyampaikan capaian tersebut adalah hasil kerja kolektif seluruh jajaran. “Penghargaan ini bukan untuk saya pribadi, tetapi untuk seluruh petugas yang bekerja siang dan malam menghadirkan layanan yang makin baik,” ujarnya.

Ia menegaskan transformasi layanan tidak boleh berhenti. “Kami berkomitmen menghadirkan pelayanan Imigrasi dan Pemasyarakatan yang cepat, transparan, dan profesional,” tambah Menteri Agus.

Ajang detikcom Awards bertema "Apresiasi Karya Insan Nusantara, Merajut Indonesia Gemilang" tahun ini menilai Menimipas sebagai figur yang menghadirkan terobosan nyata pada layanan publik Imigrasi dan Pemasyarakatan. Inovasi berbasis digital, standardisasi prosedur, dan percepatan layanan menjadi faktor penilaian penting.

Di bidang Pemasyarakatan, sejak menjabat, Menimipas telah berhasil memperkuat reformasi pembinaan, mendorong produktivitas Warga Binaan, dan mengoptimalkan aset negara untuk meningkatkan Penerimaan Negara Bukan Pajak. Upaya ini dinilai mencerminkan arah pembangunan layanan yang modern dan akuntabel. Di sisi lain, Menimipas juga berhasil memperkuat layanan imigrasi melalui aplikasi terpadu, perluasan autogate, dan percepatan layanan dokumen perjalanan.

Menimipas menegaskan transformasi Imigrasi dan Pemasyarakatan merupakan bagian dari komitmen mewujudkan layanan publik yang sederhana, cepat, dan dapat dipercaya. Ia berharap penghargaan tersebut makin memotivasi jajarannya untuk memberikan kinerja terbaik. “Yang terpenting adalah konsistensi. Ke depan, kita akan terus memperkuat layanan yang sudah ada dengan inovasi-inovasi lainnya,” katanya.

Penghargaan ini menjadi pengakuan atas berbagai langkah perbaikan layanan publik yang dijalankan secara berkesinambungan. Transformasi yang berlangsung diharapkan terus memperkuat profesionalisme birokrasi dan kualitas layanan publik. (afn)

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0