Inovasi Lapas Cipinang Hadirkan Kemudahan Layanan bagi Masyarakat dan Warga Binaan

Inovasi Lapas Cipinang Hadirkan Kemudahan Layanan bagi Masyarakat dan Warga Binaan

Jakarta, INFO_PAS - Inovasi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Cipinang  hadirkan kemudahan layanan bagi masyarakat dan Warga Binaan. Hal ini disampaikan Ketua Tim Penilai Mandiri Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Dwi Ari Wibowo, saat melakukan verifikasi lapangan Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) di Lapas Cipinang, Senin (7/10).

Dalam penilaian tersebut, Wibowo mengapresiasi berbagai inovasi layanan yang telah dikembangkan oleh Lapas Cipinang, seperti Pandu Sapi Online, Fr-Digipay Latucip, Kupi Lanang, Pondok Aksi Berani, dan Latucip Smartd Service. Menurutnya, inovasi-inovasi ini tidak hanya memudahkan masyarakat, tetapi mendukung terciptanya lingkungan Pemasyarakatan yang lebih aman dan tertib.

“Kami melihat Lapas Cipinang mampu menghadirkan layanan yang lebih efisien dan transparan, baik untuk masyarakat maupun Warga Binaan. Ini menjadi contoh positif dalam upaya menuju ZI dan pelayanan publik yang lebih baik,” pujinya Wibowo.

Sementara itu, Kepala Lapas Cipinang, E.P. Prayer Manik, menyampaikan keberhasilan inovasi tersebut merupakan hasil kerja keras seluruh jajaran Lapas yang terus berkomitmen meningkatkan kualitas layanan. “Kami fokus pada pelayanan yang berorientasi pada kepuasan masyarakat dan Warga Binaan. Melalui inovasi berbasis teknologi, kami mampu memberikan akses layanan yang lebih cepat, transparan, dan akuntabel,” harapnya.

Petugas layanan di Lapas Cipinang juga mengakui inovasi-inovasi ini tidak hanya meringankan beban kerja, tetapi juga meningkatkan transparansi dan akuntabilitas. “Dengan adanya sistem digital, seperti Sistem Pendaftaran Online dan Latucip Smart Service, pekerjaan kami menjadi lebih terorganisir dan masyarakat merasa puas karena proses layanan menjadi lebih cepat,” ujar Rosi Septiani, salah seorang petugas layanan.

Masyarakat yang menggunakan layanan Lapas Cipinang turut merasakan manfaat dari inovasi tersebut. Salah satu keluarga Warga Binaan yang rutin melakukan kunjungan menyatakan Pandu Sapi Online mempermudah proses kunjungan dan akses informasi secara cepat. “Dulu kami sering bingung soal hak-hak yang bisa didapat suami saya yang sedang menjalani masa pidana dan prosedur kunjungan. Sekarang semua lebih jelas dan mudah diakses secara online,” ungkap Rina, salah seorang pengguna layanan.

Dengan berbagai inovasi yang sudah diterapkan, Lapas Cipinang berharap dapat terus mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan demi tercapainya ZI menuju WBK. (IR)

 

Kontributor: Lapas Cipinang
 

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0