Kakanwil Maluku Pantau Layanan Penitipan Barang di Rutan Ambon

Kakanwil Maluku Pantau Layanan Penitipan Barang di Rutan Ambon

Ambon, INFO_PAS - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Ambon kedatangan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Maljuku, Andi Nurka, Kamis (11/11). Kedatangan orang nomor satu di Kanwil Kemenkumham Maluku ini didampingi Kepala Divisi (Kadiv) Administrasi, Agung Rektono Seto, dan Pelaksana Tugas Kadiv Pemasyarakatan, Saiful Sahri.

Kedatangan tersebut guna memantau secara langsung layanan penitipan barang kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang dilaksanakan setiap Kamis dan Sabtu pukul 09.00-13.00 WIT. Kepada Kakanwil dan rombongan, Jose Quelo selaku Kepala Rutan Ambon menjelaskan pelaksanaan penitipan barang kepada WBP tetap dilakukan seperti biasa dengan memperhatikan protokol kesehatan, yakni setiap pengunjung wajib memakai masker saat akan melakukan titipan barang dan melewati beberapa prosedur sebelum melakukan pendaftaran.

“Untuk penitipan makanan, tidak boleh dalam bentuk kemasan. Hanya makanan jadi atau yang sudah dioleh yang diperbolehkan masuk ke Rutan. Kami juga batasi jumlah uang yang masuk guna meminimasir adanya pungutan liar atau hal-hal lainnya di Rutan. Selain itu, kami siapkan layanan video call gratis kepada keluarga WBP yang mau menyapa dan melihat anggota keluarganya di Rutan walaupun secara online,” terang Jose.

Ia menambahkan untuk makanan atau minuman dalam bentuk kemasan sudah disiapkan di Koperasi Rutan Ambon sehingga WBP dengan mudah berbelanja. Rutan Ambon juga sediakan warung telekomunikasi khusus untuk kemudahan WBP dalam berhubungan dengan keluarga mereka di luar.

Selain itu, ada pula hasil budidaya WBP dalam bentuk tanaman sayur, pembuatan kursi, dan meja yang dipasarkan saat layanan penitipan barang. “Masyarakat dapat melihat sendiri hasil dari proses pembinaan di Rutan,” sambung Jose.

Atas fasilitas dan kinerja petugas Rutan Ambon dalam memberikan pelayanan yang baik kepada keluarga WBP, Kakanwil menyampaikan apresiasinya. “Tetap patuhi protokol kesehatan yang berlaku dan lakukan pelayanan prima kepada masyarakat,” pinta Andi.

 

Kontributor: Rutan Ambon

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0