Kakanwil Pantau Pelaksanaan Layanan Publik Serentak di UPT Pemasyarakatan Maluku

Kakanwil Pantau Pelaksanaan Layanan Publik Serentak di UPT Pemasyarakatan Maluku

Ambon, INFO_PAS - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Maluku, Andi Nurka, memantau langsung pelaksanaan layanan publik serentak di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan Maluku menyongsong Hari Dharma Karyadhika (HDKD) Tahun 2021, Senin (25/10). Didampingi Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas), Saiful Sahri, kunjungan dimulai di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Ambon, Lembaga Pemasyarakatn (Lapas) Perempuan Kelas III Ambon, Lapas Kelas IIA Ambon, dan berakhir di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Ambon.

Kakanwil menegaskan pelaksanaan layanan harus tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) yang diberlakukan. “Selalu terapkan prokes ketat. Atur alurnya dengan baik agar tidak terjadi penumpukan orang," tegas Andi saat berada di Lapas Ambon.

Ia juga mengingatkan agar seluruh petugas layanan bekerja maksimal mengikuti standar yang berlaku dengan tetap mengutamakan prinsip-prinsip humanis. "Periksa barang dengan teliti namun tetap sopan. Layani masyarakat dengan baik,” tambah Andi.

Sementara itu, Saiful Sahri menyampaikan Divisi Pemasyarakatan Maluku turut mendukung kegiatan pelayanan publik dengan menurunkan empat tim yang disebar di sejumlah UPT. "Dukungan Kanwil tetap ada sebagai back-up UPT dalam pelaksanaan layanan kunjungan serentak ini," jelasnya.

Saiful menambahkan kegiatan yang sama juga berlangsung di seluruh UPT Pemasyarakatan Maluku pada hari ini dan besok. "Laporan yang kami terima dari UPT, seluruh kegiatan berjalan lancar dan akan dilanjutkan besok hari,” jelasnya.

Salah satu pengunjung Lapas Ambon, Ayu Lestari, mereasa senang karena dapat menitipkan barang untuk ayahnya dan berkomunikasi melalui layanan video call. “Walaupun saya harus mengantre dikarenakan perangkatnya sedikit, tetapi pelayanan di Lapas Ambon sangat memuaskan,” pujinya.

Di LPKA Ambon, Kakanwil dan Plt. Kadivpas Maluku meminta untuk terus tingkatkan pelayanan prima kepada masyarakat maupun Anak. “Layanan kunjungan terhadap Anak terus ditingkatkan. Meskipun jumlah penghuni hanya 15 Anak, namun harus tetap dilayani dengan maksimal,” pinta Andi.

 

Sementara itu, Nober Hasanda selaku Kepala Subbagian Umum menyampaikan layanan kunjungan di LPKA Ambon yang biasanya dilaksanakan setiap Kamis dan Sabtu setiap pekannya, kali ini khusus dilaksanakan pada Senin dan Selasa tanggal 25-26 Oktober 2021 dalam memeriahkan HDKD. “Selain kunjungan khusus selama dua hari ini, besok juga akan dilaksanakan upacara tabur bunga di makam taman pahlawan,” terangnya.

 

Pada kesempatan tersebut, Kakanwil beserta rombongan juga melakukan Salat Zuhur di Masjid Baitul Rahman LPKA Ambon.

Di Rutan Ambon, layanan titipan barang dilaksanakan selama dua hari secara berturut-turut yaitu tanggal 25-26 Oktober 2021 pukul 09.00-12.00 WIT. Kegiatan kali ini ini dibuat berbeda dengan titipan barang yang biasa dilaksanakan setiap Kamis dan Sabtu.

 

“Kami hiasi ruang layanan kunjungan dengan tema HDKD dan buat semeriah mungkin sehingga nuansa perayaannya dapat,” ucap Kepala Subseksi (Kasubsi) Pelayanan Tahanan, Dorsina Jadera.

Sementara itu, Kepala Rutan Ambon, Jose Quelo, menyebutkan kegiatan layanan publik yang diselenggarakan serentak di UPT se-Indonesia merupakan wujud hadirnya pemerintah kepada masyarakat, khususnya keluarga Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). “Kami sediakan layanan video call gratis kepada keluarga WBP yang mau menyapa dan melihat anggota keluarganya di Rutan walaupun secara dalam jaringan,” ucap Jose.

Kegiatan layanan titipan barang peringatan HDKD turut dipantau Kakanwil Kemenkumham dan Plt. Kadivpas Maluku. “Tetap patuhi prokes yang berlaku dan lakukan pelayanan prima kepada masyarakat,” pesan Andi.

Saat menyambangi Lapas Perempuan Ambon, Kakanwil dan Plt. Kadivpas Maluku meminta tetap mengedepankan layanan prima kepada penerima layanan sehingga penerima layanan dapat merasakan kenyamanan dan kepuasan atas layanan yang diterimanya. “Pengunjung/keluarga atau kerabat WBP jangan takut untuk melaporkan kepada layanan pengaduan jika terdapat penyalahgunaan atau pelayanan yang dipersulit oleh petugas Lapas Perempuan Ambon,” imbau Andi.

Sementara itu, Ellen M. Risakotta selaku Kepala Lapas Perempuan Ambon menjelaskan pihaknya menyediakan layanan video call dan penitipan barang dengan tetap mengikuti prokes. “Setiap pengunjung yang datang untuk menitipkan makanan harus menggunakan masker serta akan dilakukan pengecekan suhu tubuh sebelum dilakukan pendaftaran dan pemeriksaan terhadap barang yang akan dititipkan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Ellen menjelaskan layanan video call juga merupakan upaya Lapas dalam memenuhi hak dan kebutuhan WBP, terutama saat momentum silaturahmi. “Meski tidak ada kunjungan ke Lapas, keluarga masih bisa memanfaatkan salah satu inovasi Lapas Perempuan Ambon, yaitu Bilik Temu Sapa lima menit sebagai alternatif untuk tetap menjalin silaturahmi walau dibatasi plastik bening,” tambahnya.

 

Salah satu pengunjung berinisial M mengaku pelayanan di Lapas Perempuan Ambon sangat memuaskan, terutama keramahan dan kesopanan para petugas yang memberikan layanan. Hal ini membuat suasana Lapas Perempuan Ambon tidak nampak sebagai sebuah penjara yang dipandang menyeramkan.

 

Kegiatan pelayanan publik serentak menyongsong HDKD Tahun 2021 di Maluku secara umum berjalan lancar. Setiap pengunjung yang datang, selain dapat menitipkan barang kepada WBP, juga dapat bertatap muka walau hanya melalui video call yang disiapkan. Selain itu, disiapkan pula beberapa mainan dan makanan ringan yang dihadiahkan khusus bagi pengunjung anak-anak. (IR)

 

 

Kontributor: Divpas Maluku, Lapas Ambon, LPKA Ambon, Rutan Ambon, LPP Ambon

 

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0