Kalapas Ambon Pastikan Pelayanan Kesehatan WBP di Rumah Sakit

Kalapas Ambon Pastikan Pelayanan Kesehatan WBP di Rumah Sakit

Ambon, INFO_PAS – Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Ambon, Saiful Sahri, menyambangi Rumah Sakit Umum (RSU) dr. Haulussy Kota Ambon, Jumat (22/1). Kedatangan Kalapas untuk melakukan pengawasan dan pelayanan kesehatan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Ambon ini diterima langsung Direktur RSU, dr. Rodrigo Limmon.

Saiful juga menyempatkan diri untuk meninjau kondisi kesehatan WBP yang sementara dirawat di RSU dr. Haulussy. Hal ini dilakukan Kalapas untuk memastikan WBP mendapatkan pelayanan yang baik sesuai Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan pasal 14 ayat 1 poin d yang berbunyi WBP berhak mendapatkan pelayanan kesehatan dan makanan yang layak.

“Kedatangan ini semata-mata untuk mengefektifkan fungsi pengawasan di rumah sakit dan memastikan pelayanan kesehatan bagi WBP sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan WBP. Saya juga ingin melihat bagaimana penanganan rumah sakit terhadap pasien yang merupakan WBP Lapas Ambon,” terang Saiful.

Sementara itu, Direktur RSU dr Haulussy, dr. Rodrigo Limmon, menerangkan pihaknya selalu memberikan pelayanan kesehatan terhadap semua pasien tanpa terkecuali sesuai SOP yang berlaku. “Layanan kesehatan tetap kami utamakan bagi pasien, sekalipun narapidana. Tentunya dengan standar operasional yang berlaku,” katanya.

Selanjutnya, Kalapas berpesan kepada WBP yang dirawat agar tetap semangat, mengikuti anjuran dokter, dan istirahat dengan baik agar lekas sembuh. Kepada petugas pengawalan, ia juga meminta agar selalu memberikan pengawalan dengan baik dan tertib, tetap menjalankan protokol kesehatan, serta selalu berkoordinasi dengan atasan langsung untuk mempermudah pelaksanaan tugas di lapangan.

Untuk diketahui, salah satu WBP Lapas Ambon tengah menjalani perawatan di rumah sakit tersebut sejak Minggu (10/1) lalu sampai saat ini dengan keluhan sesak napas, lemas, panas, demam, batuk, dan flu. Kendati demikian, WBP tersebut telah dilakukan swab test dan hasilnya negatif. (prv)

 

 

Kontributor: Arwin R.

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0