Kalapas Cipinang: Pelayanan Publik Harus Profesional, Terbuka, dan Responsif

Jakarta, INFO_PAS – Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kaapas) Kelas I Cipinang, Wachid Wibowo, tegaskan pentingnya sikap terbuka dan profesional dalam menghadapi tantangan pelayanan publik di era digital dan meningkatnya ekspektasi masyarakat. Hal tersebut disampaik kepada jajarannya, Senin (26/5).
Kalapas menyampaikan pelayanan publik di lingkungan Pemasyarakatan kini tidak lagi dilakukan dengan pendekatan lama. Keterbukaan informasi, kecepatan respons, dan akuntabilitas setiap tindakan menjadi kunci dalam membangun kepercayaan publik.
“Kita hidup di era keterbukaan dan percepatan teknologi. Masyarakat makin kritis dan menuntut layanan cepat, transparan, dan akuntabel. Karena itu, kita harus membangun budaya kerja profesional dan siap dievaluasi kapan saja,” pinta Wachid.
Ia mengingatkan seluruh tugas harus dijalankan sesuai Standar Operasional Prosedur dan dilandasi integritas tinggi. Evaluasi dan kritik adalah bagian dari proses perbaikan yang tidak boleh dihindari.
“Kita tidak perlu takut dikritik. Justru, kritik adalah cermin untuk memperbaiki diri. Mari kita sambut itu dengan pikiran terbuka dan semangat perbaikan,” ajak Kalapas.
Sementara itu, Kepala Bagian Tata Usaha, Lis Susanti, menilai penekanan Kalapas menjadi pengingat bagi seluruh jajaran untuk terus berbenah dan menyesuaikan diri dengan dinamika pelayanan publik yang makin menuntut profesionalisme. “Kami sadar reformasi birokrasi bukan sekadar slogan. Ini adalah panggilan untuk berubah, memperbaiki sistem kerja, dan meningkatkan kualitas layanan berintegritas,” ucapnya.
Hal serupa disampaikan salah satu petugas, IGN Sriwati, yang menilai arahan Kalapas menjadi energi positif untuk terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik. “Arahan ini menegaskan tugas kami bukan hanya administratif, tetapi juga menyangkut kepercayaan masyarakat. Kami harus bekerja dengan hati dan tanggung jawab,” tuturnya.
Dengan semangat tersebut, Lapas Cipinang terus memperkuat komitmennya dalam mewujudkan pelayanan publik yang responsif, adaptif terhadap perubahan, dan berorientasi pada kepuasan masyarakat, serta pembinaan bermartabat bagi Warga Binaan. (IR)
Kontributor: Lapas Cipinang
What's Your Reaction?






