Kalapas Kalabahi Minta Jajaran Pengamanan Berikan Pelayanan Humanis

Kalapas Kalabahi Minta Jajaran Pengamanan Berikan Pelayanan Humanis

Kalabahi, INFO_PASJajaran pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kalabahi diharapkan memberikan pelayanan kepada seluruh Warga Binaan secara humanis tanpa kekerasan dan selalu mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan. Meski begitu, petugas harus tetap tegas sehingga tidak terjadi hal-hal yang berdampak negatif bagi Lapas.

Hal tersebut ditekankan oleh Kepala Lapas Kalabahi, Yusup Gunawan, kepada seluruh jajaran pengamanan, yakni jajaran kesatuan pengamanan serta administrasi keamanan dan ketertiban (kamtib), Jumat (10/11). Pada kesempatan itu, hadir pula Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas, Saverinus A. Rengi, serta Kepala Seksi Administrasi Kamtib, Yesriel K. I. Bana.

"Saya minta saudara-saudara jajaran pengamanan bertindak dengan memberikan pelayanan kepada semua Warga Binaan secara humanis. Sekarang zamannya sudah berubah. Bukan lagi sistem kepenjaraan yang keras dan semena-mena, tetapi Sistem Pemasyarakatan yang memanusiakan manusia dengan mewajibkan seluruh petugas untuk membina dan memberikan pelayanan maksimal kepada Warga Binaan," urai Yusup

Ia mengingatkan jajarannya agar membina Warga Binaan secara baik, namun tegas agar menaati aturan, tata tertib, dan larangan serta mengikuti seluruh pembinaan, baik pembinaan kemandirian maupun pembinaan kepribadian yang ada. Kita adalah pelayan masyarakat yang harus memberikan pelayanan prima kepada Warga Binaan serta seluruh stakeholder dan masyarakat pengguna layanan," pesan Yusup.

Tidak hanya itu, Yusup menekankan pentingnya peran regu pengamanan (rupam) dalam menjaga kamtib dLapas, baik pengamanan terhadap Warga Binaan maupun barang-barang yang merupakan fasilitas kantor. "Lapas ini akan menjadi aman dan tertib. Bukan hanya menjadi tugas pejabat dan staf administrasi, tetapi juga rupam yang ekstra sesuai Standar Operasional Prosedur yang benar," tegasnya.

Selanjutnya, apabila Warga Binaan telah menjalankan kewajiban mereka, maka bentuk apresiasi yang diberikan petugas berdasarkan amanat regulasi adalah memberikan hak yang menjadi milik mereka. Seluruh rupam juga diminta menjaga dengan baik fasilitas Pelayanan Publik Berbasis Hak Asasi Manusia di Lapas Kalabahi seraya melayani para pengunjung secara humanis dengan menerapkan budaya pelayanan Senyum, Sapa, Salam, Sopan, dan Santun.

Adapun terkait tugas administrasi kamtib, diharapkan untuk secara rutin melakukan pemeliharaan dan perawatan senjata serta peralatan keamanan yang dibutuhkan oleh rupam. Terakhir, seluruh jajaran pengamanan agar mendukung penuh pelaksanaan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi serta Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Lapas Kalabahi Tahun 2024. (IR)

 

Kontributor: Lapas Kalabahi

 

Kontributor: Lapas Kalabahi

 

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0