Kalapas Tual Paparkan Program Asimilasi WBP di RRI Pro 1 Tual

Kalapas Tual Paparkan Program Asimilasi WBP di RRI Pro 1 Tual

Tual, INFO_PAS - Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIB Tua, Kodir, menjadi narasumber dalam acara pemberdayaan masyarakat di Lembaga Penyiaran Publik RRI Pro 1 Tual, Sabtu (6/8). Pada kesempatan tersebut, ia memaparkan topik program Asimilasi di Lapas Tual kepada para pendengar FM 103.6 MHz dan AM 765 KHz.

Dipandu Mei Maturbongs, Kalapas menjelaskan secara umum terkait program Asimilasi yang ada di Lapas Tual. “Program aAsimilasi ini bisa didapatkan semua narapidana dan Anak yang memenuhi persyaratan di mana persyaratannya cukup umum. Asmilasi dilaksanakan di rumah, proses pembimbingan dan pengawasan Asmilasi dan Integrasi dilaksanakan oleh Balai Pemasyarakatan. Program Asimilasi bukan berarti bebas seutuhnya. Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang mendapat Asimilasi di rumah akan terus dipantau dan melakukan wajib lapor,urai Kodir.

Selain itu, ia menjelaskan pola pembinaan di Lapas Tual yang mengedepankan Hak Asasi Manusia.“Pada prinsipnya, pembinaan di Lapas terdiri atas dua pembinaan, yaitu pembinaan kepribadian dan pembinaan kemandirian. Pembinaan kepribadian meliputi pembinaan intelektual, pembinaan spiritual, moral, dan sosial. Keduapembinaan kemandirian. Kami senantiasa membuat Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE) agar WBP memiliki aktivitas dan dapat bekerja menghasilkan uang yang nantinya dapat diberikan kepada keluarganya di rumah,” sambung Kodir.

Selanjutnya, Kalapas menjelaskan mengenai SAE Lapas Tual yang cukup bermanfaat bagi WBP.  Kami telah bangun dua SAE, yaitu depot air minum serta tempat pencucian mobil dan motor. Di sini, kami memberdayakan WBP yang telah memiliki Surat Keputusan untuk dapat bekerja di luar agar mereka kembali ke lingkungan sosial. Mereka tidak lagi melakukan kejahatan, tetapi dapat membuka usaha atau bekerja di usaha orang,” lanjut Kodir.

Di akhir dialog, Kalapas mengharapkan masyarakat mendukung program pembinaan ini. “Apabila ada WBP yang telah selesai menjalani pidana, kemudian kembali ke keluarganya, mohon diberi kesempatan berkarya dan berkreativitas serta diberikan kesempatan menafkahi keluarganya,” pungkasnya. (IR)

 

Kontributor: Lapas Tual

What's Your Reaction?

like
1
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0