Keluarga WBP Rutan Tanah Grogot Terima Premi Hasil Pembinaan

Keluarga WBP Rutan Tanah Grogot Terima Premi Hasil Pembinaan

Tanah Grogot, INFO_PAS – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Tanah Grogot membagikan premi bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang diwakilkan oleh masing-masing keluarga WBP, Kamis (27/1). Pembagian premi atau honor ini mengacu pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 1999 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak WBP.

Dibalut dalam kegiatan bertema “Penyerahan Premi/Honor bagi WBP dalam rangka Membantu Meringankan Beban di Masa Pandemi COVID-19”, tersirat sejuta harapan dari Rutan Tanah Grogot untuk dapat meringankan beban masyarakat akibat dampak pandemi.

Premi ini merupakan pendapatan bagi WBP yang mengikuti pembinaan kemandirian. Mereka dibekali keterampilan tertentu seperti furnitur, jasa boga, pertanian, perikanan, dan lain-lain yang nantinya hasil dari penjualan itu akan diberikan premi kepada WBP yang bersangkutan. Pada kegiatan ini, nominal premi yang dibagikan besaraannya bervariasi mulai dari Rp153.000,- hingga Rp9.000.000,- tergantung periode masa kerja masing-masing WBP.

Dalam sambutannya, Kepala Rutan (Karutan) Tanah Grogot, Doni Handriansyah menjelaskan seluruh jajaran berkomitmen untuk melakukan pembinaan secara serius kepada WBP. Tujuannya tentu untuk menciptakan WBP yang andal dan terampil nantinya.

“Dari hasil pembinaan kemandirian di rutan Tanah Grogot, terbukti sepanjang tahun 2021 Rutan Tanah grogot mampu menyetor Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) lebih dari Rp18.000.000,- yang disetorkan kepada negara dan jumlah premi yang dapat kita berikan kepada WBP sepanjang 2021 sebesar lebih dari Rp60.000.000,-. Ini akan terus kita tingkatkan,  mengingat banyak sektor pembinaan yang akan dikembangkan ke depannya,” urai Karutan.

Doni menerangkan pembinaan kemandirian di Rutan Tanah Grogot sejatinya memiliki keterbatasan. Namun dengan kehadiran PT Kideo Jaya Agung sebagai mitra kerja, mampu mendongkrak kegiatan pembinaan di Rutan Tanah Grogot hingga berkembang seperti saat ini.

Dengan dihadiri Asisten Manager CSR PT Kideo Jaya Agung, Isro Ayyubi, secara simbolis premi diserahkan bersama sama jajaran Rutan kepada keluarga WBP. Pihaknya menyambut baik kegiatan ini.

“Pembinaan kemandirian ini mampu memberikan soft skill yang dapat digunakan WBP saat bebas nanti. Kami dari PT Kideco sangat berkomitmen untuk memberikan kontribusi yang positif, khususnya kepada Rutan Tanah Grogot yang sudah menjadi mitra kami,” ujar Isro.

Nurisah, salah satu keluarga WBP penerima premi, mengaku senang. Menurutnya premi ini bisa dimanfaatkan untuk membeli perlengkapan sembako dan kebutuhan lainnya. “Alhamdullillah ya, Pak. Saya berterima kasih sekali bisa diberikan premi seperti ini, bisa saya jadikan modal untuk usaha. Semoga Rutan Tanah Grogot terus maju,” harap Nurisah. (prv)

 

Kontributor: Rutan Tanah Grogot

What's Your Reaction?

like
2
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
1