Lapas Cipinang Tegaskan Komitmen Pelayanan Publik Prima, Targetkan Kembali Predikat ‘Kualitas Tinggi’

Lapas Cipinang Tegaskan Komitmen Pelayanan Publik Prima, Targetkan Kembali Predikat ‘Kualitas Tinggi’

Jakarta, INFO_PAS – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Cipinang tegaskan kembali komitmennya dalam menyelenggarakan pelayanan publik yang prima, humanis, dan berorientasi pada kepuasan masyarakat. Salah satu langkah strategis yang terus diakselerasi adalah peningkatan Indeks Pelayanan Publik (IPP) sebagai indikator utama keberhasilan reformasi birokrasi.

Komitmen tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Lapas Cipinang, Wachid Wibowo, Senin (16/6). Ia menyampaikan tekad kuat untuk kembali meraih predikat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori ‘Kualitas Tinggi’ tahun 2025 setelah sebelumnya berhasil mencapainya pada tahun 2024. 

“Kami tidak sekadar mengejar angka atau peringkat IPP, tetapi benar-benar ingin memastikan setiap layanan yang diberikan menjawab kebutuhan nyata masyarakat, khususnya Warga Binaan dan keluarganya. Kualitas yang dirasakan langsung oleh pengguna layanan adalah tolak ukur keberhasilan kami,” tegas Wachid.

Senada, Kepala Bagian Tata Usaha, Lis Susanti, menambahkan peningkatan IPP bukan semata persoalan angka, melainkan merupakan wujud nyata dari upaya memperkuat kepercayaan publik dan citra kelembagaan yang akuntabel dan profesional. Menurutnya, pelayanan publik yang baik tidak hanya dilihat dari prosedur yang tertib, tetapi juga dari sikap ramah, cepat, dan empatik yang dirasakan langsung oleh pengguna layanan.

“Kami terus mendorong peningkatan kualitas layanan secara menyeluruh, mulai dari digitalisasi sistem, penyempurnaan mekanisme kunjungan, hingga pelatihan berkala bagi petugas agar makin adaptif dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat,” jelas Lis.

Dengan langkah-langkah berkelanjutan ini, Lapas Cipinang tunjukkan keseriusan dalam menyukseskan agenda reformasi birokrasi serta mendukung 13 Program Akselerasi Menteri IMIPAS, khususnya pada aspek penguatan pelayanan publik yang berdampak langsung. Semua ini sejalan dengan semangat Pemasyarakatan pasti bermanfaat untuk masyarakat, yakni memastikan pelayanan tidak hanya memenuhi standar administratif, tetapi juga menyentuh kebutuhan dan harapan masyarakat. (IR)

 

 

Kontributor: Lapas Cipinang
 

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0