Lapas Kupang Latih 40 WBP Jadi Kader Kesehatan

Lapas Kupang Latih 40 WBP Jadi Kader Kesehatan

Kupang, INFO_PAS – Empat puluh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kupang dilatih menjadi kader kesehatan, Kamis (24/9) di Aula Lapas Kupang. Materi pelatihan disampaikan dr. Fika Silvia bersama petugas kesehatan Lapas Kupang lainnya.

Salah satu penyakit yang sering dikeluhkan WBP adalah hipertensi, suatu jenis penyakit pembunuh paling dahsyat di dunia yang biasa disebut silent killer. Adapun kendala yang dihadapi para kader kesehatan adalah tidak dapat membedakan gejala seseorang menderita hipertensi atau hipotensi.

Oleh karena itu, para kader diberikan pelatihan mengukur tekanan darah untuk mengetahui seseorang menderita hipertensi atau tidak. “Semoga dengan adanya kegiatan ini pengetahuan tentang hipertensi dan keterampilan kader kesehatan WBP Lapas Kupang lebih baik sehingga dapat membantu petugas kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan WBP lainnya,” harap dr. Fika.

Selain itu, melalui kegiatan ini diharapkan WBP sebagai kader kesehatan dapat membantu petugas kesehatan Lapas Kupang dalam memantau para penderita hipertensi yang ada di blok-blok hunian, memastikan mereka mengontrol tekanan darah ke klinik secara teratur, serta mengkonsumsi obat hipertensi secara baik dan benar.

Kegiatan sosialisasi dilanjutkan dengan praktik mengukur tekanan darah dan praktik memeriksa tanda-tanda vital lainnya oleh kader kesehatan dibimbing langsung petugas kesehatan Lapas Kupang. Mereka pun sangat antusias mengikuti kegiatan ini.

“Dengan adanya kegiatan seperti ini kami dapat mengetahui banyak hal baru dan membantu teman-teman sesama WBP yang menderita hipertensi untuk dapat hidup sehat,” ungkap Sefnat Naley, salah satu WBP yang mengikuti pelatihan kader kesehatan.

 

 

 

Kontributor: Lapas Kupang

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0