Lapas Pangkalpinang Tegaskan Komitmen Transparansi dalam Penilaian Maladministrasi 2025

 Lapas Pangkalpinang Tegaskan Komitmen Transparansi dalam Penilaian Maladministrasi 2025

Pangkalpinang, INFO_PAS — Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pangkalpinang tegaskan komitmennya dalam mewujudkan pelayanan publik yang transparan dan bebas dari maladministrasi melalui kegiatan internal Penilaian Maladministrasi Tahun 2025 oleh Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Selasa (18/11).  Kegiatan ini menjadi langkah penting dalam memastikan kepatuhan penyelenggara layanan publik terhadap prinsip transparansi, akuntabilitas, dan pencegahan praktik maladministrasi di lingkungan Pemasyarakatan.

Kepala Lapas Pangkalpinang, Sugeng Indrawan, menyampaikan penilaian ini menjadi momentum penting dalam memperkuat tata kelola pelayanan. “Penilaian ini merupakan kesempatan kami untuk memastikan seluruh pelayanan berjalan sesuai ketentuan dan prinsip pelayanan prima,” ungkapnya.

Sugeng menambahkan kondisi Lapas dengan 671 penghuni dari kapasitas 300 menjadi tantangan yang harus dikelola secara optimal sehingga sumber daya manusia serta sarana dan prasarana dimaksimalkan untuk menjalankan tugas sebaik mungkin. “Keamanan ditingkatkan dengan dukungan Polri dan TNI, sementara seluruh kegiatan pembinaan tetap harus berjalan,” jelasnya.

“Melalui penilaian ini, kami berharap masukan dari Ombudsman menjadi dukungan untuk perbaikan pelayanan publik di Lapas Pangkalpinang sehingga ke depan menjadi makin baik,” tambah Sugeng.

Sementara itu, Kepala Keasistenan Pencegahan Maladministrasi Ombudsman RI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kgs Chris Fither, mengapresiasi kesiapan Lapas Pangkalpinang dan menilai komitmen setiap unit layanan, termasuk Lapas Pangkalpinang, menjadi kunci terwujudnya pelayanan publik yang bebas dari maladministrasi. “Kami berharap penilaian 2025 berjalan efektif dan memberikan gambaran nyata tentang kualitas pelayanan publik, termasuk evaluasi Ombudsman terhadap 38 kementerian, delapan lembaga, dan 264 pemerintah daerah untuk mendorong layanan yang lebih berkualitas dan berintegritas,” ujarnya.

Melalui kegiatan ini, Lapas Pangkalpinang berharap terus memperkuat kualitas pelayanan publik, meningkatkan kepercayaan masyarakat, serta berkontribusi dalam mewujudkan penyelenggaraan layanan yang profesional, transparan, dan berintegritas. (IR)

 

 

Kontributor: Lapas Pangkalpinang

 

 

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0