Lapas Tanjungpandan Gandeng BRI Latih Petugas dalam Strategi Pelayanan Prima

Belitung, INFO_PAS - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tanjungpandan bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang (Kanca) Tanjungpandan gelar sosialisasi budaya pelayanan prima bagi seluruh petugasnya, Selasa (23/7). Bertempat di Aula Lapas Tanjungpandan, turut hadir Kepala Lapas Tanjungpandan, Gowim Mahali, dan Pimpinan Cabang BRI Tanjungpandan yang diwakili Supervisor Layanan Kas, Riski Nugraha.
“Kami mohon tips dan masukannya sehingga Lapas Tanjungpandan dapat mewujudkan pelayanan prima dalam peningkatan kualitas pelayanan publik dan menjadi institusi yang memiliki citra positif di masyarakat,” pinta Gowim
Sosialisasi budaya pelayanan prima menghadirkan Berthania, Front Linner BRI Kanca Tanjungpandan, yang menyampaikan kiat-kiat memberikan excellent service kepada pengguna layanan. Selain itu, disajikan pula materi terkait gromming dan handling complaint.
“Dalam memberikan pelayanan kepada pengguna layanan, hal yang menjadi dasar adalah senyum, sapa, dan salam, serta personal touch. Petugas harus bisa memberikan informasi detail kepada pengguna layanan dan mengarahkan pengunjung sesuai kebutuhannya,” jelasnya.
Bertha juga menyampaikan informasi mengenai handling complaint saat terjadi benturan dengan pengguna layanan. “Dalam menghadapi complaint dari pengguna layanan, petugas harus bersikap tenang, menunjukkan empati, dan mampu mengajukan solusi atas permasalahan yang terjadi,” urainya.
Setelah diberikan pemahaman yang lebih dalam tentang budaya pelayanan prima, diadakan pula sesi tanya jawab di mana petugas Lapas Tanjungpandan dengan semangat menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan pelayanan publik. Pembicara pun dengan cekatan menjawab semua pertanyaan yang ditanyakan.
Ketua Kelompok Kerja Pembangunan Zona Integritas Lapas Tanjungpandan, Dedi Mardjana, berharap informasi yang telah diberikan dapat diserap dan diimplentasikan oleh petugas di lapangan sehingga menjadi bekal dalam memberikan pelayanan publik kepada Warga Binaan dan masyarakat demi terciptanya kepuasan publik atas pelayanan-pelayanan yang telah diberikan. “Kami terus berupaya melakukan berbagai peningkatan, baik sarana maupun budaya kerja dalam Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi di Lapas Tanjungpandan,” tegasnya. (IR)
Kontributor: Lapas Tanjungpandan
What's Your Reaction?






