Mapenaling, Sarana Bagi WBP Kenali Aturan di Lapas

Mapenaling, Sarana Bagi WBP Kenali Aturan di Lapas

Ambon, INFO_PAS – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas III Ambon memberikan masa pengenalan lingkungan (mapenaling) kepada empat Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) baru agar dapat beradaptasi dan bersosialisasi dengan lingkungan Lapas. Keempat WBP yang merupakan tahanan tersebut akan menuntaskan mapenaling sebelum akhirnya dipindahkan ke ruang hunian bersama tahanan lainnya.

Kepala Subseksi (Kasubsi) Keamanan dan Ketertiban, Astrid F. Handayani, menjelaskan keempat WBP harus mengikuti mapenaling dan kegiatan wajib lainnya selama mendekam di dalam blok. “Mereka akan diperkenalkan, misalnya tentang peraturan tata tertib itu seperti apa, diperkenalkan juga ada berapa tingkatan di organisasi Lapas, seperti Kepala Lapas (Kalapas), Kasubsi, dan staf yang lain,” papar Astrid, Kamis (2/9).

Lebih lanjut, Astrid memperkenalkan soal beberapa kegiatan pembinaan yang harus dilakukan seluruh WBP selama berada di Lapas. Salah satu pekerjaan yang harus dilakukan WBP baru-baru ini adalah melakukan pembersihan lingkungan Lapas.

“Bersih-bersih lingkungan itu wajib. Selain lingkungan di luar, lingkungan kamar juga. Dari sekarang sudah bersih-bersih,” tuturnya.

Hal senada disampaikan Kalapas Perempuan Ambon, Ellen M. Risakotta, bahwa kegiatan seperti ini tentunya memberikan suatu pembekalan kepada WBP baru. Dengan diberikan pengetahuan, diharapkan mereka dapat menjadi pribadi yang baik akhlaknya dan harus bisa beradaptasi dengan lingkungan yang baru di Lapas.

“Mudah-mudahan mereka bisa langsung beradaptasi dan dapat mengikuti kegiatan-kegiatan pembinaan yang ada di sini,” harap Ellen. (prv)

 

Kontributor: Muh. Saad Henamuly

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0