Masyarakat Nikmati Layanan Kunjungan Online di Rutan Batang

Masyarakat Nikmati Layanan Kunjungan Online di Rutan Batang

Batang, INFO_PAS – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Batang telah meluncurkan layanan kunjungan online untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Diharapkan lewat layanan ini masyarakat bisa mengunjungi/berkomunikasi langsung dengan keluarganya di dalam Rutan.

 

Seperti Slamet, warga Rowobelang yang memanfaatkan layanan kunjungan online untuk mengunjungi temannya di Rutan Batang, Rabu (24/3). “Saya ingin menengok teman saya yang berada di dalam rutan,” terang Slamet.

 

Kepada petugas pendaftaran Rutan Batang, Slamet diarahkan ke ruangan kunjungan online. Di sana sudah disediakan perangkat komputer yang terhubung dengan internet dan kamera web. Tak lama kemudian, tampak WBP yang dimaksud sudah siap di layar monitor. Slametpun berbincang-bincang dengan temannya tersebut tanpa kendala jaringan.

 

Selesai melakukan kunjungan online, Slamet juga mengirimkan uang kepada temannya untuk digunakan membeli keperluan pribadi di kantin Rutan. Pengiriman uang tersebut dilayani dengan fasilitas top-up Brizzi di ruangan yang sama. Slamet merasa puas dengan layanan di Rutan Batang. “Layanan di Rutan Batang bagus,” pujinya.

Rutan Batang sendiri memberlakukan kebijakan bebas peredaran uang tunai di dalam Rutan. Hal tersebut untuk menghindari praktik pungutan liar di dalam Rutan. Sebagai gantinya, pihak Rutan bekerja sama dengan BRI Cabang Batang menyediakan fasiitas e-money berupa Kartu Brizzi. Kartu tersebut bisa digunakan WBP untuk membeli kebutuhan di kantin Rutan yang dikelola Koperasi Pegawai.

 

Kepala Rutan Batang, Rindra Wardhana, menjelaskan selain layanan kunjungan online, pihaknya juga menyediakan warung telekomunikasi khusus (wartelsus) yang dilengkapi sarana videocall sehingga WBP yang ingin berkomunikasi dengan keluarganya dapat memanfaatkan fasilitas wartelsus tersebut. “Bagi masyarakat yang ingin berkunjung online, kami sediakan layanan kunjungn online. Bagi WBP yang ingin menghubungi keluarga, kami sediakan wartelsus,” terangnya.

 

Pihak Rutan berharap layanan kunjungan online dapat diketahui masyarakat dan dirasakan manfaatnya. Layanan tersebut adalah bukti komitmen Rutan Batang dalam melaksanakan Pembangunan Zona Integritas dengan target meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani tahun 2021. (IR)

 

 

 

 

Kontributor: Amien

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0