Peluncuran Aplikasi Si-Bandroll, Bukti Komitmen Tingkatkan Keamanan

Peluncuran Aplikasi Si-Bandroll, Bukti Komitmen Tingkatkan Keamanan

Banda Aceh, INFO_PASKantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Aceh meluncurkan aplikasi Si-Bandroll, Sabtu (12/12) di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Banda Aceh. Dihadiri sejumlah Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan wilayah Banda Aceh, peluncuran aplikasi ini untuk meningkatkan kewaspadaan dalam menjaga keamanan di lingkungan Pemasyarakatan.

Aplikasi Si-Bandroll dicetuskan pertama kali oleh Kepala Divisi (Kadiv) Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Aceh, Nirhono Jatmokoadi. Ia menjelaskan secara singkat mengenai aplikasi Si-Bandroll yang merupakan kepanjangan dari aplikasi barcode dan trolling.

Cara menggunakan aplikasi tersebut dengan scan barcode yang telah diletakkan di beberapa pos penjagaan, lalu petugas mengambil swafoto dengan menampakkan barcode sebagai bukti telah selesai melaksanakan tugasnya. Selanjutnya, atasan dapat mengecek para petugas yang telah melaksanakan tugasnya.

Aplikasi untuk petugas pengamanan ini bertujuan meningkatkan komitmen terhadap tugas pengamanan dan melaksanakan tugas tersebut secara nyata. Saya dibantu teman-teman membuat aplikasi ini agar kita dapat melakukan tugas dan tanggung jawab secara real,” ujar Nirhono.

Sementara itu, Kepala Rutan Banda Aceh, Irhamuddin, mengapresiasi hadirnya aplikasi tersebut. Dengan maraknya kejadian-kejadian yang mengancam masalah keamanan, kehadiran aplikasi Si-Bandroll menjadi jawaban untuk meningkatkan kewaspadaan dalam meminimalisir pelbagai gangguan keamanan.

Irhamuddin juga berterima kasih kepada Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Aceh sebagai pencetus hadirnya aplikasi Si-Bandroll seraya berharap dengan adanya aplikasi tersebut akan memberikan semangat untuk konsisten dan bekerja keras dalam meminimalisir gangguan keamanan. “Saya sangat berharap dengan adanya aplikasi ini akan membuat para petugas jaga konsisten dalam menjalan fungsi dan tanggung jawabnya pada tugasnya masing-masing,” harapnya.

Dalam uji coba penggunaan aplikasi Si-Bandroll, Rutan Banda Aceh dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Banda Aceh menjadi UPT pertama yang menerapkan aplikasi tersebut. Diharapkan UPT lain di Aceh dapat mengikuti jejak Rutan Banda Aceh dan Lapas Banda Aceh terkait penggunaan aplikasi Si-Bandroll dalam melaksanakan tugas pengamanan. Diharapkan pula aplikasi ini dapat diterima dan digunakan seluruh UPT Pemasyarakatan secara nasional.

 

 

Kontributor: Rutan Banda Aceh

What's Your Reaction?

like
2
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0