Pembentukan Griya Abhipraya, Sarana Penerapan Restorative Justice

Pembentukan Griya Abhipraya, Sarana Penerapan Restorative Justice

Yogyakarta, INFO_PAS – Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) sedang membentuk Griya Abhipraya di berbagai daerah, termasuk di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Griya Abhipraya sendiri merupakan program kerja yang dilaksanakan Ditjenpas yang dibentuk untuk menjalin sinergi dan kolaborasi antara Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) dengan pemerintah daerah serta instansi-instansi terkait yang memiliki kapasitas untuk berkontribusi dalam program pembinaan dan pembimbingan terhadap Warga Binaan dan Klien Pemasyarakatan.

“Pembinaan dan pembimbingan yang dilakukan bagi Warga Binaan dan Klien Pemasyarakatan, baik di Lembaga Pemasyarakatan, Rumah Tahanan Negara, maupun Griya Abhipraya nantinya akan bermanfaat ketika mereka berintegrasi dan berkontribusi di tengah masyarakat. Untuk itu, keberhasilan program pembinaan dan pembimbingan merupakan outcome yang diharapkan bersama,” ujar Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham DIY, Agung Rektono Seto, saat membuka Sosialisasi Teknis Pemasyarakatan tentang Pembentukan Griya Abhipraya sebagai Program Prioritas Nasional Pemberdayaan Masyarakat dalam Penerapan Restorative Justice, Selasa (11/4) di Hotel Merapi Merbabu, Yogyakarta.

Agung berharap melalui kegiatan tersebut dapat tercapai kesepahaman dan mematangkan kolaborasi antara Kanwil Kemenkumham DIY dengan pemerintah daerah, kelompok masyarakat, dan seluruh pihak terkait yang terlibat dalam penyelenggaraan Griya Abhipraya, baik di Balai Pemasyarakatan (Bapas) Yogyakarta maupun Bapas Wonosari. Adapun perjanjian tersebut rencananya akan ditandantangani pada puncak peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-59 pada tanggal 4 Mei 2023.

“Dengan adanya keterlibatan banyak pihak dalam program Griya Abhipraya, diharapkan makin banyak bekal keterampilan yang mampu diberikan kepada Klien Pemasyarakatan di sana. Hal ini tentunya makin baik mengingat mereka membutuhkan banyak bekal keterampilan untuk bisa kembali hidup di tengah masyarakat,” tambah Agung.

Sebagai informasi, saat ini total Klien Pemasyarakatan yang berada di wilayah DIY adalah 450 orang. Kelak, diharapkan mereka dapat menjalani pembinaan di Griya Abhipraya DIY. (yp)

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0