Penuhi Syarat, 17 WBP Lapas Kotaagung Dapat Asimilasi

Penuhi Syarat, 17 WBP Lapas Kotaagung Dapat Asimilasi

Kotaagung, INFO_PAS – Sebanyak 17 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kotaagung mendapat Asimilasi di rumah, Kamis (4/2). Asimilasi diberikan kepada 17 WBP setelah sebelumnya melalui proses Sidang Tim Pengamat Pemasyarakatan Lapas Kotaagung, Rabu (3/2) lalu.

WBP yang menjalani Asimilasi di rumah telah memenuhi syarat sesuai Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor 32 Tahun 2020 tentang Syarat Pemberian Asimilasi dan Hak Integrasi bagi Narapidana dan Anak dalam rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran COVID-19. Selanjutnya, mereka akan mendapatkan pengawasan oleh balai pemasyarakatan (bapas), kejaksaan, maupun kepolisian hingga selesai masa pidanannya.

"Sebelum dirumahkan melalui proses Asimilasi, kami telah melakukan rapid test kepada para WBP. Selain untuk memastikan kesehatan WBP, juga untuk memberikan rasa aman bagi keluarga dan masyarakat di sekitar mereka nantinya. Kami juga telah melakukan kontrol virtual dengan bapas terkait pengeluaran ini,” terang Kepala Seksi Pembinaan Narapidana/Anak Didik dan Kegiatan Kerja Lapas Kotaagung, Aryo Pratama.

Sementara itu, Kepala Lapas Kotaagung, Beni Nurrahman, berharap para WBP bisa dengan baik menjalani Asimilasi di rumah. “Jaga kesehatan dan perilaku di luar sana. Jangan kembali melakukan perbuatan yang melanggar hukum karena akan menyebabkan Asimilasi kalian dicabut dan akan kembali diproses lebih lanjut,” pesan Beni.

Program Asimilasi di rumah ini masih akan terus dilaksanakan hingga tanggal 30 Juni 2021. "Kami pastikan dalam program Asimilasi bagi WBP tidak dikenakan biaya sepeserpun/gratis,” tegas Beni. (IR)

 

 

 

Kontributor: Lapas Kotaagung

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0