Petugas Lapas Tabanan Dapat Bekal Budaya Pelayanan Prima
Tabanan, INFO_PAS – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tabanan bekerja sama dengan Bang Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang (Kanca) Tabanan gelar sosialisasi budaya pelayanan prima dengan topik strategi melayani konsumen dan layanan berbasis digital kepada seluruh petugas Lapas Tabanan, Selasa (25/1). Bertempat di Aula Candra Prabhawa, turut hadir Igap Mahendra selaku Pelaksana Harian Kepala Lapas Tabanan dan Pimpinan Cabang BRI Tabanan yang diwakili Relationship Manajer, Agung Adi.
Igap mengucapkan terima kasih kepada BRI Kanca Tabanan yang telah meluangkan waktunya untuk memberikan sosialisasi kepada seluruh petugas Lapas Tabanan. “Kami mohon tips dan sarannya sehingga Lapas Tabanan dapat mewujudkan pelayanan prima dalam peningkatan kualitas pelayanan publik serta Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani,” pintanya.
Sosialisasi budaya pelayanan prima menghadirkan Mamik dari Bagian Pelayanan dan Dana BRI Kanca Tabanan yang menyampaikan kiat-kiat memberikan excellent service kepada pengguna layanan. “Dalam memberikan pelayanan kepada pengguna layanan, hal yang menjadi dasar adalah senyum, sapa, dan salam serta personal touch. Petugas harus bisa memberikan informasi detail kepada pengguna layanan dan mengarahkan pengunjung sesuai kebutuhannya,” urainya.
Mamik juga menyampaikan informasi mengenai handling complain saat terjadi benturan dengan pengguna layanan. “Dalam menghadapi complain dari pengguna layanan, petugas harus bersikap tenang, menunjukkan emphati, dan mampu mengajukan solusi atas permasalahan yang terjadi,” imbuhnya.
Setelah diberikan pemahaman yang lebih dalam tentang budaya pelayanan prima, diadakan pula sesi tanya jawab di mana petugas Lapas Tabanan dengan semangat menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan pelayanan publik. Pembicara pun dengan cekatan menjawab semua pertanyaan yang ditanyakan.
Lapas Tabanan berharap informasi yang telah diberikan dapat diserap dan diimplentasikan oleh petugasnya sehingga menjadi bekal dalam memberikan pelayanan publik kepada Warga Binaan Pemasyarakatan dan masyarakat sehingga terciptanya kepuasan publik atas pelayanan-pelayanan yang telah diberikan. (IR)
Kontributor: Lapas Tabanan