PONDOK AKSI BERANI Wujudkan Pelayanan Publik yang Bersih dan Amanah di Lapas Cipinang
Jakarta, INFO_PAS – Inovasi pelayanan publik di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Cipinang terus mendapat apresiasi. Salah satu layanan unggulan yang kini menjadi perhatian adalah PONDOK AKSI BERANI atau Pondok Konsultasi dan Informasi – Bersih, Amanah, Melayani, yang setiap harinya ramai dikunjungi Warga Binaan dan keluarganya. Terpantau pada Senin (6/10) para petugas tampak aktif melayani beragam pertanyaan dan konsultasi seputar hak-hak Warga Binaan serta layanan Pemasyarakatan.
PONDOK AKSI BERANI menjadi bagian penting dari inovasi Lapas Cipinang yang menegaskan nilai profesionalisme, responsivitas, dan transparansi dalam pelayanan publik. Layanan ini berfungsi sebagai kanal komunikasi langsung antara Warga Binaan, keluarga Warga Binaan, dan petugas guna memastikan seluruh proses Pemasyarakatan berjalan sesuai ketentuan dan berorientasi pada keadilan.
Kepala Lapas Cipinang, Wachid Wibowo, menegaskan keberadaan PONDOK AKSI BERANI mencerminkan komitmen Lapas dalam menghadirkan layanan publik yang humanis dan akuntabel. “Kami ingin setiap masyarakat dan keluarga Warga Binaan mendapat informasi yang jelas, cepat, dan dapat dipertanggungjawabkan. Layanan ini bukan sekadar meja informasi, tetapi jembatan kepercayaan antara institusi dan publik,” tegasnya.
Petugas PONDOK AKSI BERANI setiap hari memberikan layanan konsultasi terkait hak-hak dasar Warga Binaan, mulai dari remisi, asimilasi, integrasi sosial, hingga edukasi seputar program pembinaan kepribadian dan kemandirian. Pendekatan yang dilakukan bersifat informatif dan edukatif, membantu masyarakat memahami mekanisme hukum dan administrasi Pemasyarakatan dengan lebih mudah.
Kepala Bidang Pembinaan, Iwan Setiawan, menjelaskan peningkatan kunjungan di PONDOK AKSI BERANI menunjukkan tingginya kepercayaan publik terhadap transparansi pelayanan di Lapas Cipinang. “Hampir setiap hari petugas kami melayani puluhan konsultasi. Ini pertanda Warga Binaan dan keluarganya kini lebih percaya pada informasi resmi. Kami akan terus menjaga kualitas dan kenyamanan layanan ini,” ujarnya.
Arista, salah satu keluarga Warga Binaan yang datang menanyakan tata cara pengajuan pembebasan bersyarat, mengaku puas dengan pelayanan yang diterimanya. “Petugasnya sangat ramah dan menjelaskan secara detail. Saya jadi lebih paham prosedurnya dan merasa lebih tenang karena mendapat informasi langsung dari sumber yang benar,” pujinya.
Dengan semangat Profesional, Responsif, Integritas, Modern, dan Akuntabel, Lapas Cipinang menegaskan pelayanan publik yang baik bukan hanya soal kecepatan, tetapi juga soal empati dan kejelasan informasi. PONDOK AKSI BERANI kini menjadi simbol wajah baru Lapas Cipinang yang terbuka, bersih, dan amanah, menghadirkan layanan yang mengedepankan kepercayaan, transparansi, dan kemanusiaan. (IR)
Kontributor: Lapas Cipinang
What's Your Reaction?


