Posyandu Lansia, Inovasi Pelayanan di Lapas Kupang

Posyandu Lansia, Inovasi Pelayanan di Lapas Kupang

Kupang, INFO_PAS – Pos pelayanan terpadu (posyandu) lanjut usia (lansia) merupakan salah satu program inovasi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kupang yang dikhususkan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) berusia lanjut. Pada Jumat (26/6) kegiatan posyandu lansia dilaksanakan Klinik Pratama Cendana Lapas Kupang di Aula Lapas Kupang.

Pada kesempatan itu, digelar senam Alzheimer yang diikuti 36 WBP lansia Lapas Kupang. “Senam Alzheimer dapat melatih otak sehingga dapat mencegah penyakit demensia/pikun, bahkan Alzheimer,” terang Fitriyana M. Seran selaku petugas kesehatan Lapas Kupang.

Senam dilaksanakan sekitar 30 menit, dilanjutkan dengan penyuluhan oleh dokter Lapas Kupang, Fika Silvia, tentang penyakit degeneratif pada lansia, termasuk di dalamnya penyakit Alzheimer dan demensia/pikun. Ia menjelaskan penyakit ini bisa dicegah dengan sering melakukan aktivitas fisik/olahraga ringan yang masih dapat dilakukan lansia, menjaga hubungan sosial yang baik dengan sesama, serta jangan menyendiri.

Pada kesempatan yang sama, dilakukan pembagian vitamin C bagi seluruh lansia, kontrol tekanan darah, serta pengobatan bagi lansia yang memiliki keluhan. "Mari kita semua selalu menjaga kesehatan dan menjalankan pola hidup sehat dengan selalu memperhatikan kebersihan diri maupun lingkungan,” ajak Fika.

Apresiasi pun disampaikan Kepala Lapas Kupang, Badarudin, atas kinerja paramedis Klinik Pratama Lapas Kupang. "Semoga terus dilakukan peningkatan pelayanan kesehatan sebagaimana roadmap pembangunan Lapas Kupang dalam meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani," harapnya.

 

 

 

Kontributor: Maurez Julio & Rucsy

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0