Puluhan WBP Lapas Labuhan Bilik Dites HIV dan Sifilis, Hasilnya?

Puluhan WBP Lapas Labuhan Bilik Dites HIV dan Sifilis, Hasilnya?

Labuhan Bilik, INFO_PAS Sebanyak 60 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Labuhan Bilik jalani tes HIV dan Sifilis, Senin (20/6). Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama antara Lapas Labuhan Bilik dengan Dinas Kesehatan Labuhan Batu melalui Puskesmas Labuhan Bilik, untuk mencegah penularan dan penanggulangan penyakit tersebut.

Sebelum menjalani tes, puluhan WBP mendapat penyuluhan kesehatan mengenai HIV dan Sifilis oleh petugas kesehatan dari Puskesmas Labuhan Bilik, kemudian dilakukan pra-konseling dengan wawancara. Usai rangkaian kegiatan tersebut, barulah sampel darah WBP diambil untuk dites.

Kepala Lapas (Kalapas) Labuhan Bilik Armen Zain mengutarakan bahwa mendapatkan pelayanan kesehatan dan perawatan, baik perawatan rohani maupun jasmani, menjadi salah satu hak dasar yang harus diperoleh WBP. “Kegiatan ini sangat membantu dalam hal pengawasan terhadap penyakit, terutama penyakit menular. Jadi, sebagai bentuk deteksi dini agar semua sehat ketika menjalani masa pidana di Lapas Labuhan Bilik,” terangnya.

“Tes ini sangat dianjurkan, apalagi dengan WBP yang dulu sewaktu di luar (Lapas) menggunakan narkoba melalui suntik atau infus, pernah melakukan hubungan intim tanpa kondom dengan lebih dari satu pasangan,” imbuh Asniah selaku petugas kesehatan Puskesmas Labuhan Bilik.

Asniah, menambahkan, dari pemeriksaan yang sudah dilakukan terhadap 60 WBP Lapas Labuhan Bilik, seluruh hasilnya negatif. (prv)

 

Kontributor: Lapas Labuhan Bilik

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0