Rutan Banyumas Perkuat Komitmen Pelayanan Publik Lewat Penilaian Ombudsman Jateng
Banyumas,INFO_PAS - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Banyumas jadi salah satu satuan kerja yang mendapat penilaian dari Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Jawa Tengah dalam rangka Opini Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2025. Kegiatan ini menjadi momentum penting bagi Rutan Banyumas untuk memperkuat komitmen dalam memberikan layanan prima yang transparan dan akuntabel kepada masyarakat.
Kepala Rutan Banyumas, Anggi Febiakto, menyambut langsung kedatangan tim Ombudsman yang dipimpin oleh Koordinator Penilai, Linda, bersama sejumlah anggota tim, Rabu (29/10). Dalam kesempatan tersebut, Anggi menyampaikan apresiasi dan kesiapan jajarannya untuk menerima evaluasi secara terbuka.
“Kami menyambut baik kunjungan Tim Ombudsman sebagai bentuk dorongan agar kami terus berbenah. Rutan Banyumas berkomitmen memberikan pelayanan publik yang profesional, transparan, dan berorientasi pada kepuasan masyarakat,” ujar Anggi.
Penilaian ini mencakup berbagai aspek penyelenggaraan layanan, mulai dari wawancara dengan pengguna layanan (keluarga Warga Binaan), pelaksana layanan, pemeriksaan dokumen pendukung, hingga peninjauan langsung ke area layanan kunjungan, loket registrasi, dan ruang tunggu pengunjung.
Koordinator Penilai Ombudsman Jateng, Linda, menyampaikan bahwa kunjungan tersebut merupakan bagian dari evaluasi tahunan terhadap kualitas layanan publik di instansi pemerintah.
“Kami datang untuk melihat secara langsung bagaimana pelayanan publik di Rutan Banyumas berjalan serta memberikan catatan dan saran agar mutu pelayanan semakin meningkat,” ungkap Linda.
Dari hasil observasi awal, Tim Ombudsman menilai sejumlah kemajuan positif di Rutan Banyumas, terutama dalam hal penataan antrian layanan kunjungan yang kini lebih tertib dan teratur. Selain itu, aspek keterbukaan informasi publik dan disiplin petugas layanan juga mendapat apresiasi.
Rutan Banyumas terus membuktikan tekadnya untuk memperkuat budaya pelayanan publik yang profesional, cepat, humanis, dan sesuai dengan standar pelayanan yang ditetapkan. (afn)
Kontributor: Humas Rutan Banyumas
What's Your Reaction?


