Rutan Batang Terus Sosialisasikan SILABA kepada Pengunjung

Rutan Batang Terus Sosialisasikan SILABA kepada Pengunjung

Batang, INFO_PAS - Setelah sukses meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Lapas Batang (SILABA), kini Rumah Tahanan Negara (Rutan) Batang gencar menyosialisasikannys kepada masyarakat, khususnya para pengunjung. SILABA sendiri hadir untuk mempermudah masyarakat yang ingin menitipkan barang dengan melakukan pendaftaran secara online dengan mengunduh aplikasi SILABA di Google Playstore.

 

Selanjutnya, pengguna SILABA harus membuat akun yang akan diverifikasi oleh petugas Rutan Batang. Setelah memiliki akun, pengguna bisa mendaftar untuk menitipkan barang dengan mengisi form di aplikasi. Jika pengguna sudah mengisi form, maka pengguna datang ke Rutan Batang untuk menyerahkan barang titipan di layanan tanpa turun dari kendaraan melalui LATIBARIZ atau Layanan Titipan Barang dan BRIZZI. Pengguna layanan cukup menunjukkan barcode di aplikasi dan menyerahkan barang bawaan tanpa turun dari motor.

 

Namun masih banyak pengunjung yang belum tahu penggunaan layanan SILABA dan LATIBARIZ. Untuk itu pihak Rutan Batang gencar mengedukasi pengunjung. Beberpa petugas ditempatkan di loaksi drive-thru untuk membantu pangunjung yang ingin mengunduh SILABA. Selain itu, banner tata cara penggunaan SILABA dan LATIBARIZ juga terpampang jelas di area penitipan barang.

 

Kepala Subseksi Pelayanan Tahanan, Fanny Yusuf Irawan, mengatakan SILABA merupakan langkah inovatif dari Rutan Batang dalam upaya melayani masyarakat dengan lebih baik. “SILABA merupakan langkah inovatif kami dalam melayani masyarakat dengan lebih baik. Penggunaan aplikasi berbasis Android diharap makin meningkatkan akses masyarakat dalam memperoleh layanan dari rutan batang,” harap Fanny, Rabu (29/9).

 

Alfan, salah seorang pengunjung, nampak baru saja mengunduh SILABA. Ia mengaku belum pernah menggunakan layanan aplikasi SILABA. “Baru mau download, biasanya menitipkan barang secara manual,” terangnya.

 

Ia pun dibimbing petugas untuk membuat akun SILABA dan mengisi formulir penitipan barang.

 

Selain menyediakan layanan penitipan barang tanpa turun dari kendaraan, Rutan Batang juga memberi fasilitas kepada pengunjung yang ingin mengunjungi WBP di Rutan dengan menggunakan fasilitas kunjungan online. Kunjungan online merupakan solusi di saat pandemi yang belum memungkinkan dilakukan kunjungan tatap muka. Diharapkan dengan berbagai inovasi dan terobosan yang dilakukan Rutan Batang dapat semakin meningkatkan layanan khususnya kepada masyarakat. (IR)

 

Kontributor: Rutan Batang

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0