Rutan Majene Pastikan Layanan PTSP SIPAKARA Berjalan Sesuai Standar
Majene, INFO_PAS - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Majene pastikan pemberian layanan di Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) SIPAKARAYA berjalan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Pengawasan dilakukan dilakukan langsung pada Rabu (5/11) oleh Kepala Rutan Majene, Christy J. Thenu, bersama tim terhadap berbagai aspek layanan, seperti pelayanan kunjungan, penitipan barang dan uang, pelayanan informasi, dan mekanisme pengaduan masyarakat.
SIPAKARAYA yang dalam bahasa daerah memiliki arti saling menghormati, saling menghargai yang diharapkan mampu diimplementasikan oleh petugas layanan dalam memberikan seluruh rangkaian layanan. Hal ini memiliki kesan dan arti bagi penerima layanan sesuai nama PTSP di Rutan Majene, yakni saling menghormati dan saling menghargai.
Christy menyampaikan pengawasan ini bertujuan menjamin keterbukaan, akuntabilitas, dan peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat. “Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang cepat, transparan, dan bebas dari pungutan liar. Pengawasan ini merupakan komitmen kami untuk menjaga integritas dan kepercayaan publik terhadap institusi Pemasyarakatan, khususnya Rutan Majene,” ujarnya.
Selama kegiatan pengawasan, tim juga memastikan bahwa petugas PTSP memberikan pelayanan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP), termasuk penerapan prinsip pelayanan PRIMA, penggunaan sistem antrian yang tertib, serta penerapan protokol keamanan dan ketertiban. Selain itu, dilakukan pula evaluasi terhadap sarana dan prasarana pendukung layanan, seperti ruang tunggu, papan informasi, dan sistem dokumentasi layanan. Hasil dari pengawasan ini akan menjadi bahan evaluasi dan perbaikan berkelanjutan agar pelayanan kepada masyarakat dan Warga Binaan terus ditingkatkan.
Salah satu pengunjung, Astina, mengunggkapkan pelayanan yang diberikan petugas Rutan Majene sudah baik. "Petugas memberikan informasi secara jelas dan rinci terkait kebutuhan kami. Tidak ada diskriminasi dan pemberian layanan sesuai SOP yang ada," tuturnya.
Ke depannya, Rutan Majene bertekad terus memberikan layanan yang terbaik kepada masyarakat maupun kepada Warga Binaan. Hal ini dilakukan agar meningkatkan penilaian kualitas layanan, khususnya bagi Rutan Majene yang saat ini mengikuti kontestasi dalam Pembangunan Zona Integritas tahun 2025. (IR)
Kontributor: Rutan Majene
What's Your Reaction?


