Rutan Rangkasbitung Optimalkan Layanan Informasi Mandiri

Rangkasbitung, INFO_PAS – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Rangkasbitung optimalkan layanan terhadap Warga binaan Pemasyarakatan (WBP) dengan Layanan Informasi Mandiri.

“Layanan informasi mandiri ini berbasis IT dan merupakan bentuk optimalisasi pengembangan dari Sistem Database Pemasyarakatan (SDP) dengan menggunakan kecanggihan alat deteksi sidik jari Warga Binaan (Warna) maupun keluarga/ masyarakat yang berkunjung,” tutur Kepala Rutan (Karutan) Rangkasbitung, Kadek Anton Budiharta kepada INFO_PAS, Rabu (11/3).

SDP sendiri adalah sebuah Sistem database Pemasyarakatan yang memuat seluruh data induk warna yang dikelola secara internal dan terkoneksi langsung dengan server pusat milik Direktorat Jenderal Pemasyarakatan.

Ada 3 (tiga) fitur aplikasi modern yang telah dikembangkan dan diterapkan oleh Rutan Rangkasbitung, diantaran

Rutan Rangkasbitung Optimalkan Layanan Informasi Mandiri

Rangkasbitung, INFO_PAS – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Rangkasbitung optimalkan layanan terhadap Warga binaan Pemasyarakatan (WBP) dengan Layanan Informasi Mandiri.

“Layanan informasi mandiri ini berbasis IT dan merupakan bentuk optimalisasi pengembangan dari Sistem Database Pemasyarakatan (SDP) dengan menggunakan kecanggihan alat deteksi sidik jari Warga Binaan (Warna) maupun keluarga/ masyarakat yang berkunjung,” tutur Kepala Rutan (Karutan) Rangkasbitung, Kadek Anton Budiharta kepada INFO_PAS, Rabu (11/3).

SDP sendiri adalah sebuah Sistem database Pemasyarakatan yang memuat seluruh data induk warna yang dikelola secara internal dan terkoneksi langsung dengan server pusat milik Direktorat Jenderal Pemasyarakatan.

Ada 3 (tiga) fitur aplikasi modern yang telah dikembangkan dan diterapkan oleh Rutan Rangkasbitung, diantaranya layanan kunjungan sidik jari berbasis IT SDP, layanan Self Service WBP dan fitur aplikasi sidik jari Portir/ Lalu Lintas Keamanan.

“Layanan informasi mandiri ini diciptakan guna memberikan layanan yang optimal untuk kepuasan masyarakat dan WBP. Semua WBP berhak mendapatkan pelayanan dengan sebaik-baiknya secara transparan, mudah dan akuntabel”  tegasKadek.

Hal senada disampaikan salah satu petugas pusat layanan informasi dan kunjungan Rutan, Eka Yogaswara. Menurut Yoga penerapan layanan ini sangat banyak manfaatnya, tidak hanya dari segi meningkatnya kepuasan layanan melalui layanan sidik jari kunjungan, tetapi juga penerapan system ini dapat meningkatkan keamanan.

“Dengan Layanan Informasi Mandiri, warna akan secara mudah mendapatkan informasi umum tentang masa pembinaan dan masa penahanan selama disini tanpa harus datang keruang pelayanan tahanan sehingga dapat meningkatkan tercapainya tujuan dari pembinaan,” ujar yoga. (NH)

  Kontributor: @Pratamadzyogas

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0