Tim Gabungan Geledah Hunian Lapas Narkotika Kasongan

Tim Gabungan Geledah Hunian Lapas Narkotika Kasongan

Kasongan, INFO_PAS – Sehubungan dengan intruksi Direktur Keamanan dan Ketertiban Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Kasongan melaksanakan razia bersama Aparat Penegak Hukum (APH) setempat di seluruh kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Rabu (7/4).

Pelaksanaan razia di Lapas Narkotika Kelas IIA Kasongan dalam Rangkaian Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-57 dilaksanakan pada pukul 08.30 WIB, dengan dibantu oleh Kepolisian Resor Katingan, Komando Divisi Militer 1015/Sampit, Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Katingan, Pemadam Kebakaran Kabupaten Katingan, serta Badan Narkotika Nasional Kabupaten Katingan.

Kepala Lapas (Kalapas) Narkotika Kasongan, Ahmad Hardi memimpin Apel Tim Gabungan di halaman Kantor Lapas Narkotika Kasongan. “Razia pagi ini kita lakukan bersama-sama APH terkait, dengan tujuan mencegah gangguan keamanan dan ketertiban Lapas dari hal-hal yang tidak kita inginkan,” ungkap Hardi.

Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas Narkotika Kasongan, Suwono selaku Ketua Tim Pelaksanaan Razia membagi lima kelompok yang ditugaskan untuk melakukan pemeriksaan pada empat blok pria dan satu blok wanita. “Target Utama kita pada pelaksanaan razia ini adalah narkoba, senjata tajam, dan handphone. Agar setiap kelompok untuk mengecek seluruh kawasan blok tanpa terkecuali,” tegasnya.

Hampir tiga jam lebih dilakukan penggeledahan di blok hunian, Tim Gabungan berhasil menyita 32 handphone, 12 senjata tajam rakitan, 30 sendok besi, lima gunting, tiga pemanas air rakitan, obat flu dalam jumlah yang banyak, kartu remi, dan perkakas tukang. Selanjutnya barang-barang temuan tersebut dimusnahkan langsung oleh Tim Gabungan.

“Di dalam Lapas tidak boleh terdapat handphone, senjata tajam, serta barang-barang yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban. Dapat saya katakan razia kali ini berhasil dan informasi pelaksanaan razia tidak bocor, sehingga barang yang tidak kita inginkan tersebut kita dapatkan cukup banyak,” jelasnya.

Kepala Bidang Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi Pengelolaan Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara, dan Keamanan, Edi Cahyono mewakili Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Kalimantan Tengah turut hadir dalam Razia Gabungan ini. Pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. “Saya sangat berterima kasih atas terjalinnya sinergi jajaran Pemasyarakatan dengan APH Kabupaten Katingan. Terima kasih atas dukungan, bantuannya selama pelaksanaan razia sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan aman dan tertib,” ucapnya. (prv)

 

Kontributor: Humas Lapas Narkotika Kasongan

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0