Tingkatkan Kualitas Layanan, Kanwil Ditjenpas Banten Jalin Sinergi dengan Ombudsman RI Perwakilan Banten

Tingkatkan Kualitas Layanan, Kanwil Ditjenpas Banten Jalin Sinergi dengan Ombudsman RI Perwakilan Banten

Serang, INFO PAS – Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) Banten lakukan kunjungan kerja ke Kantor Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Banten, Senin (15/9). Kunjungan ini dalam rangka memperkuat koordinasi menjelang penilaian kepatuhan layanan publik pada Oktober 2025.

Dalam pertemuan tersebut, kedua belah pihak membahas berbagai langkah strategis untuk memastikan layanan Pemasyarakatan di Banten berjalan sesuai standar yang ditetapkan negara dan berorientasi pada kepuasan masyarakat. Penilaian akan dilakukan pada awal Oktober 2025 dengan melibatkan 15 satuan kerja (satker) Pemasyarakatan sebagai sampel. Penilaian meliputi empat dimensi utama: standar layanan, sarana prasarana, pengelolaan pengaduan, kepatuhan instansi, dan dilengkapi trust survey terhadap publik.

Selain itu, akan dilakukan wawancara dengan Kepala Satker, pengelola pengaduan, petugas layanan, dan uji coba mekanisme survei berbasis barcode. Untuk menyamakan persepsi, sosialisasi internal direncanakan pada akhir September 2025.

Kepala Kanwil Ditjenpas Banten, M. Ali Syeh Banna, menegaskan penilaian Ombudsman bukan hanya kewajiban administratif, tetapi momentum perbaikan layanan publik. “Kami menyambut baik penilaian ini sebagai dorongan untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan di Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan se-Banten. Pemasyarakatan harus hadir dengan layanan yang transparan, responsif, dan berorientasi pada masyarakat,” tegasnya.

Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Banten, Fadli Afriadi, mengapresiasi langkah proaktif Kanwil Ditjenpas Banten yang menjadikan penilaian ini sebagai sarana pembenahan layanan. “Komitmen yang ditunjukkan Pemasyarakatan Banten sangat positif. Harapan kami, hasil penilaian ini memperkuat kepercayaan publik sekaligus meminimalisir maladministrasi dalam layanan Pemasyarakatan,” harapnya.

Kunjungan ini menjadi tonggak penting dalam membangun sinergi antarlembaga sekaligus menegaskan komitmen Kanwil Ditjenpas Banten untuk menjadikan seluruh satker Pemasyarakatan sebagai pelayan publik yang modern, akuntabel, dan terpercaya. (IR)

 

 

Kontributor: Kanwil Ditjenpas Banten

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
1
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0