Tuntaskan Pelatihan Kemandirian, 40 WBP Lapas Piru Dinyatakan Kompeten

Tuntaskan Pelatihan Kemandirian, 40 WBP Lapas Piru Dinyatakan Kompeten

Piru, INFO_PAS - Puluhan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Piru dinyatakan kompeten usai mengikuti pelatihan kemandirian bersertifikat yang dilaksanakan Lapas Piru bekerja sama dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Tenaga Kerja (Perindag) Kabupaten Seram Bagian Barat. Sebelumnya, pelatihan telah berlangsung selama delapan hari sejak Senin (13/6) pekan lalu.

Dalam pelatihan kemandirian tersebut, 40 WBP Lapas Piru sukses menyelesaikan pelatihan bidang manufaktur kerajinan dari batok kelapa dan bidang jasa barbershop. Hasil pelatihan WBP langsung dipamerkan dalam penutupan kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa (21/6).

Kepala Lapas Piru, Taufik Rachman, mengapresiasi keseriusan para WBP dalam mengikuti pelatihan yang mampu mengolah dan menghasilkan produk kerajinan. Taufik menuturkan pelatihan kemandirian bertujuan meningkatkan kompetensi sumber daya manusia dalam mengembangkan kompetensi kerja dan produktivitas, serta menambah bekal keahlian WBP Lapas Piru.

“Keseriusan dan kemauan keras untuk belajar menjadi modal utama untuk memperoleh bekal ilmu. Gunakan pengetahuan yang saudara-saudara peroleh dalam pelatihan ini untuk menambah penghasilan dan memperbaiki perekonomian saat kembali ke masyarakat,” pesan Taufik.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perindag Kabupaten Seram Bagian Barat, H. Sy. Silawane, menyampaikan rasa bangga dengan apa yang dihasilkan 40 WBP dalam pelatihan ini. Pihaknya juga siap memfasilitasi sarana dan prasarana penunjang.

Pelatihan ini tidak ada artinya dan akan hilang apabila tidak diterapkan. Oleh karena, saya berharap 40 peserta yang telah selesai mengikuti pelatihan dapat mengimplementasikan ilmunya saat bebas nanti. Apabila membutuhkan sarana dan prasarana, tentunya kami siap memfasilitasi,” janji Silawane.

Kegiatan dilanjutkan dengan pelepasan tanda peserta pelatihan, penyerahan sertifikat pelatihan kepada dua perwakilan WBP, dan penyerahan piagam tanda ucapan terima kasih kepada instruktur. (IR)

 

Kontributor: Lapas Piru

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0