UPT Pemasyarakatan Ikuti Webinar Penguatan Kehumasan

UPT Pemasyarakatan Ikuti Webinar Penguatan Kehumasan

Buntok, INFO_PAS – Jajaran humas Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Buntok mengikuti webinar Pemberdayaan Fungsi Kehumasan Kantor Wilayah dan Unit Pelaksana Teknis Melalui Aplikasi Informasi Kinerja Kementerian Hukum dan HAM RI, Senin (20/7). Kegiatan yang dipusatkan dari Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI ini bertema Meningkatkan Reputasi Kehumasan Melalui Konten Media.

“Peran humas tidak hanya menyajikan informasi yang sesuai dengan fakta, tetapi menjadi jembatan komunikasi antara rutan dan masyarakat sehingga dapat membangun kepercayaan dan citra positif di masyarakat terhadap Rutan Buntok,” tutur Kepala Rutan Buntok, Mastur.

Hal senada disampaikan salah satu tim humas Rutan Buntok, Risa Nofitri. “Materi yang disampaikan melalui webinar ini memberikan wawasan mengenai hubungan kehumasan dan konten media dalam menyajikan suatu informasi,” ucapnya.

Kegiatan yang sama diikuti jajaran humas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Muara Teweh. “Semua materi yang disampaikan narasumber sudah sangat jelas, atur strategi, dan manfaatkan media sebaik-baiknya untuk membangun citra positif instansi serta counter issue negatif,” tutur Kepala Lapas (Kalapas) Muara Teweh, Sarwito.

Di Lapas Sampit, kegiatan ini diharapkan memberikan pembelajaran yang sangat berguna khususnya bagi tim humas di daerah. “Semoga dapat membangun sinergi dengan memanfaatkan media sosial sebaik-baiknya untuk membangun citra positif organisasi," harap Kalapas Sampit, Agung Supriyanto.

Selaras dengan kegiatan tersebut, Kalapas Yogyakarta, Satriyo Waluyo juga menginstruksikan kepada tim humas Lapas Yogyakarta agar peran kehumasan lebih dimaksimalkan karena ini sangat strategis dalam membangun hubungan baik antara Lapas Yogyakarta dengan masyarakat.

“Maksimalkan semua sarana media, baik website maupun media sosial untuk menunjang kinerja kehumasan dalam memberikan informasi kepada masyarakat,” pintanya.

Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Jakarta, Ketua Tim Humas, Bieand Dhesy, dan Sekretaris Tim Humas, Seno Hartowo, menyampaikan pesan agar materi yang sudah disampaikan dapat menjadi pedoman agar tim humas LPKA Jakarta lebih baik lagi, saling mengingatkan, serta saling mengisi jika ada kekurangan

“Tim humas untuk lebih peduli dengan kegiatan kehumasan dan tetap semangat jangan sampai kendor,” pesan Bieand yang diamini Seno.

Sebelumnya, webinar dibuka dengan arahan umum Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI, Bambang Rantam Sariwanto. “Peranan humas sangat penting bagi kementerian di bidang publikasi. Humas juga sebagai jembatan komunikasi harus bisa membangun kepercayaan masyarakat,” ungkap Bambang.

Hal tersebut diamini Staf Khusus Menteri Hukum dan HAM RI, Fajar Lasse. “Peran humas sebagai wajah organisasi yang langsung akan berhadapan dengan pihak di luar kementerian dan membangun pemahaman masyarakat tentang kebijakan pemerintah dengan cara menyajikan informasi berbentuk infografis,” tuturnya.

Muhammad Kardeni didaulat sebagai nrasumber webinar. Ia menyampaikan hubungan humas dan media saling menguntungkan dan saling memberikan manfaat. “Dalam mengembangkan strategi, tim kehumasan dapat menyediakan materi press release untuk mempermudah mengarahkan materi berita yang ingin disampaikan kepada media serta membangun hubungan personal tim kehumasan dengan media massa,” urainya.

 

 

Kontributor: Rutan Buntok, Lapas Muara Teweh, Lapas Sampit, Lapas Yogyakarta, LPKA Jakarta

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0