WBP Rutan Ambon Isi Waktu dengan Membaca di Perpustakaan

WBP Rutan Ambon Isi Waktu dengan Membaca di Perpustakaan

Ambon, INFO_PAS – Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Ambon mengisi kekosongan waktu selama menjalani pidana dengan membaca di perpustakaan. Kegiatan dan aktivitas WBP di Rutan, selain diisi dengan program kemandirian dan kerohanian, juga dilakukan dengan membaca dan menambah wawasan di perpustakaan.

Kepala Subseksi Pelayanan Tahanan, Dorsina Jadera yang melakukan pengawasan secara langsung, menjelaskan demi meningkatkan minat baca WBP, tata ruang baca diubah dan dilakukan penambahan beberapa buku. “Dengan mengubah konsep tempat baca di perpustakaan setidaknya membuat WBP lebih nyaman untuk membaca di perpustakaan,” ucapnya, Rabu (15/6).

Lebih lanjut, ia menjelaskan pemenuhan hak WBP untuk mendapatkan bahan bacaan telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan pasal 14 ayat (1) poin f yang menerangkan WBP berhak mendapatkan bahan bacaan dan mengikuti siaran media massa lainnya yang tidak dilarang. “Dengan adanya perpustakaan untuk menyediakan hak WBP, tidak memutus hak mereka untuk mendapatkan informasi,” tambah Dorsina.

Senada, Kepala Rutan Ambon Jose Quelo menjelaskan setiap WBP berhak mendapatkan pembelajaran berupa bahan bacaan maupun program-program pembinaan lainnya yang berjalan di Rutan, dengan tetap mematuhi segala aturan yang berlaku. “Fungsi pengawasan WBP di perpustakaan tetap dilakukan dengan baik, di mana kami tempatkan petugas guna menjaga dan merawat perpustakaan serta memastikan WBP yang masuk ke perputaskaan benar-benar untuk belajar,” ujarnya.

Salah satu WBP yang tidak mau disebutkan namanya mengungkapkan selalu datang ke perpustakaan guna mengisi kekosongan dan melepas kejenuhan selama menjalani pidananya, selain tetap mengikuti program pembinaan di Rutan Ambon. “Terima kasih kepada Rutan Ambon yang telah memfasilitasi kami dalam membaca di perpustakaan. Membaca sangat penting bagi saya sehingga dapat menjelejah dunia luar tanpa harus ke sana,” akunya. (prv)

 

Kontributor: Rutan Ambon

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0