WBP Rutan Ambon Terampil Olah Besi Jadi Barang Bernilai Jual

WBP Rutan Ambon Terampil Olah Besi Jadi Barang Bernilai Jual

Ambon, INFO_PAS - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Ambon terus berupaya mengasah kemampuan dan bakat Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) melalui kegiatan kerja. Salah satu kegiatan kerja WBP adalah membuat atau mengolah barang-barang bekas menjadi barang layak pakai dan bernilai jual.

Kepala Subseksi Bimbingan Kegiatan Kerja, Hamzah, menjelaskan kegiatan pembinaan kemandirian yang saat ini sedang dijalankan di bengkel kerja Rutan Ambon adalah pembuatan kursi dan meja yang bahan-bahannya menggunakan besi, baik baru maupun bekas. “Kami fasilitasi WBP di bengkel kerja untuk mengasah dan melatih keterampilan mereka sehingga nantinya jika sudah selesai menjalani pidana dapat diimplementasikan di luar, bahkan dapat membuat usaha mikro kecil dengan bakat yang mereka miliki,” ujarnya, Selasa (7/6).

Sementara itu, Kepala Rutan Ambon, Jose Quelo, menuturkan kegiatan pembinaan kemandirian yang saat ini sedang dijalankan di Rutan kepada WBP, seperti pembuatan kursi, meja, atau proses penanaman sayur secara hidroponik dan tradisional dilakukan dengan pengawasan petugas dan dijalankan dengan baik. Diharapkan hal ini menjadi nilai jual tersendiri bagi Rutan Ambon menjadi Penerimaan Negara Bukan Pajak.

“Terus lakukan pembinaan dengan baik kepada WBP. Ubah karakter dan sifat buruk mereka yang mereka jalani dengan pembinaan kemandirian dan pembinaan kepribadian. Ubah stigma buruk yang selama ini melekat di masyarakat dan jadikan mereka orang yang berguna setelah menjalani pidananya di Rutan,” pesan Jose. (IR)

 

Kontributor: Rutan Ambon

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0