WBP Rutan Ambon Terampil Olah Besi Jadi Barang Bernilai Jual

WBP Rutan Ambon Terampil Olah Besi Jadi Barang Bernilai Jual

Ambon, INFO_PAS - Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Ambon terus mengasah kemampuannya melalui kegiatan kerja membuat atau mengolah barang-barang bekas menjadi barang layak pakai dan bernilai jual. Setiap harinya WBP aktif dalam pembuatan kursi dan meja yang bahan-bahannya menggunakan besi, baik yang baru maupun bekas.

Kepala Subseksi Bimbingan Kegiatan Kerja, Hamzah, menjelaskan pihak Rutan memfasilitasi WBP di bengkel kerja dalam mengasah dan melatih keterampilan mereka. Hal ini bertujuan agar jika sudah selesai menjalani masa pidana di Rutan, ilmu yang telah didapatkan WBP diimplementasikan di luar, bahkan dapat membuat usaha mikro kecil dengan bakat yang mereka dapatkan.

Alhamdulillah, untuk kursi banyak sekali peminat dari masyarakat luar sehingga proses pembuatannya juga kami kerjakan sesuai pesanan,” terangnya, Kamis (2/11).

Sementara itu, Kepala Rutan Ambon, Jose Quelo, menuturkan pembinaan kemandirian yang saat ini sedang dijalankan WBP, seperti pembuatan kursi, meja, atau budidaya hidroponik dan tradisional dilakukan dengan pengawasan petugas dan dijalankan dengan baik. Diharapkan kegiatan-kegiatan tersebut menjadi nilai jual tersendiri bagi Rutan Ambon agar menjadi Penerimaan Negara Bukan Pajak.

“Terus lakukan pembinaan dengan baik kepada WBP, ubah karakter dan sifat buruk mereka yang mereka jalani selama berada di luar lewat pembinaan kemandirian dan  kepribadian, ubah stigma buruk yang selama ini melekat oleh masyarakat agar mereka berguna setelah menjalani masa pidana di  Rutan,” pesan Jose. (IR)

 

Kontributor: Rutan Ambon

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0