Antisipasi Gangguan Kamtib, Lapas Piru Lakukan Perawatan & Pemeliharaan Senpi & Gembok

Antisipasi Gangguan Kamtib, Lapas Piru Lakukan Perawatan & Pemeliharaan Senpi & Gembok

Piru, INFO_PAS - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Piru melalui jajaran administrasi keamanan dan ketertiban (kamtib) melakukan perawatan dan pemeliharaan sarana dan prasarana (sarpras) keamanan berupa senjata api (senpi) serta rolling seluruh gembok dan kunci kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Selasa (5/10). Kegiatan ini merupakan hal wajib yang dilakukan secara berkala sebagai deteksi dini terhadap potensi gangguan kamtib.

La Sardini selaku Kepala Seksi Administrasi Kamtib mengungkapkan perawatan dan pemeliharaan sarpras keamanan merupakan tugas dan fungsi pengamanan dalam meningkatkan kewaspadaan serta kesiapan dalam menghadapi  gangguan yang  dapat terjadi di Lapas Piru. “Keamanan di Lapas kerap diperketat, salah satunya dengan rutin melakukan pemeliharaan sarpras keamanan,” ungkap Sardini.

Senpi merupakan komponen penting dalam menunjang situasi kondusif di Lapas. Saat ini Lapas Piru memiliki 13 pucuk senjata, seperti senjata genggam P3A, senjata genggam Bernadelli, dan senjata laras panjang serta sejumlah amunisi. Untuk itu, diperlukan perawatan intensif dalam penggunaannya. Selain itu, gembok juga menjadi komponen yang tak kalah penting peranannya dalam menunjang keamanan.

“Kami kerap kali melakukan rolling kunci dan gembok untuk mengecoh WBP. Ini terbukti cukup efektif mencegah upaya pelarian WBP sebagai langkah strategis yang sangat membantu menciptakan situasi yang kondusif, aman, dan terkendali” tegas La Sardidi.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Lapas Piru, Taufik Rachman, menyampaikan apresiasi atas kesigapan dalam melakukan deteksi dini terhadap potensi terjadinya gangguan kamtib, salah satunya melalui perawatan dan pemeliharaan sarpras. “Sudah menjadi tugas kita untuk tetap waspada. Pastikan semua sarana, baik gembok, senpi, maupun alat pengamanan lainnya dalam keadaan baik dan siap pakai,” pinta Taufik. (IR)

 

Kontributor: Janniie

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0