Aplikasi “Lapobar” Permudah Serah Terima Klien Pemasyarakatan Rutan Raha ke Bapas Baubau

Baubau, INFO_PAS - Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Baubau menerima 4 (empat) orang Klien Pemasyarakatan dari Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Raha untuk menjalani program pembimbingan oleh Pembimbing Kemasyarakatan (PK). Serah terima Klien Pemasyarakatan tersebut berlangsung di Pos Bapas Baubau yang berada di Rutan Raha, Senin (30/6).
PK Bapas Baubau, Titik Purwani, yang bertugas di Pos Bapas Rutan Raha menerima dan melakukan registrasi terhadap Klien dengan memanfaatkan aplikasi Layanan Pos Bapas Raha (Lapobar). Dengan memanfaatkan aplikasi tersebut, PK Bapas dapat mengakses data diri Klien serta berkas administrasi yang dibutuhkan dalam penginputan ke dalam Sistem Database Pemasyarakatan (SDP), sehingga Klien Pemasyarakatan tidak harus diserahkan langsung ke kantor induk Bapas Baubau. Hal tersebut sangat memudahkan pelayanan penerimaan Klien.
Pada kesempatan tersebut, Titik berpesan agar klien rutin menjalani program pembimbingan serta tidak melakukan pelanggaran syarat umum dan syarat khusus yang telah ditentukan.
"Yang pernah diperbuat, jadikan sebagai pengalaman hidup untuk mengevaluasi diri dan berusaha menjadi lebih baik lagi," pesan Titik
Kepala Baubau Baubau, Nasirudin, menjelaskan bahwa jarak antara Pos Bapas Raha yang sangat jauh dari kantor Bapas Baubau dan terpisahkan lautan menjadi salah satu inspirasi dibuatnya aplikasi Lapobar.
“Hal ini sesuai dengan prinsip kesederhanaan dan kepastian dalam pelayanan publik. Selain itu pemanfaatan aplikasi Lapobar juga telah membawa dampak positif terhadap pemberian layanan sehingga layanan menjadi ekonomis, efektif, dan efisien,” jelas Nasirudin.
Perlu diketahui, Bapas Baubau memiliki wilayah kerja sebanyak 9 kabupaten/kota, di mana secara geografis merupakan wilayah kepulauan. (afn)
Kontributor: Humas Bapas Baubau
What's Your Reaction?






