Deteksi Gangguan Kamtib, Petugas Lapas Padang Rolling Gembok Kamar WBP

Deteksi Gangguan Kamtib, Petugas Lapas Padang Rolling Gembok Kamar WBP

Padang, INFO_PAS – Jajaran pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Padang lakukan kontrol keliling, perawatan rutin gembok, dan rolling gembok kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Jumat (23/4). Kegiatan ini dipimpin Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas, Bagus Dwi Siswandono, bersama jajarannya sebagai deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban (kamtib).

Sebanyak 30 gembok dengan rincian 13 gembok Blok A dan Blok B serta 17 gembok kamar A dan kamar B di-rolling. Selain itu, sebelum digunakan kembali, dilakukan pengecekan terhadap kelayakan gembok, seperti memastikan tidak ada gembok yang rusak dan tidak layak pakai. Untuk gembok yang rusak ringan terlebih dahulu diupayakan perbaikan dan gembok yang rusak berat dilakukan penggantian dengan yang baru.

Rolling gembok kamar hunian ini merupakan kegiatan rutin yang kami laksanakan dua bulan sekali guna deteksi dini gangguan kamtib. Kami tidak pernah tahu apa yang sedang dipikirkan WBP di dalam blok hunian. Untuk mencegah penduplikatan kunci oleh WB, maka rolling gembok secara berkala ini merupakan salah satu upaya yang kami lakukan,” ungkap Bagus.

Di tempat berbeda, Kepala Lapas Padang, Era Wiharto, menegaskan pentingnya deteksi dini gangguan kamtib sesuai arahan Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Reynhard Silitonga. Berbagai upaya, seperti rutin razia kamar hunian, rolling, dan perawat gembok, perawatan senjata, kontrol keliling lapas terus ditingkatkan guna mencegah timbulnya gangguna kamtib.

“Semoga Lapas Padang selalu dalam keadaan aman dan terkendali,” harap Era.  

Dari pantauan, seluruh petugas tampak membersihkan, mengecek, serta memasangkan gembok dengan teliti. (IR)

 

 

Kontributor: Lapas Padang

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0