Lapas Tual Berdayakan WBP Cegah Penyelundupan Barang Terlarang

Lapas Tual Berdayakan WBP Cegah Penyelundupan Barang Terlarang

Tual, INFO_PAS – Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) pada Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tual diberdayakan untuk ikut serta dalam pencegahan penyelundupan barang-barang terlarang ke dalam area Lapas. Mereka tampak memperbaiki dan membersihkan area brandgang, Kamis (3/3).

Brandgang sendiri merupakan area sterial yang memisahkan antara tembok blok hunian WBP dengan tembok terluar Lapas. Area ini sering dijadikan lokasi pelemparan atau menyembunykan barang-barang yang dilarang berada di area hunian WBP.

Kegiatan pembersihan diawasi langsung oleh Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas Tual, Alamsyah. Pihaknya mengaku telah mempelajari kejadian-kejadian di beberapa Lapas dan Rumah Tahanan Negara (Rutan) lain terkait modus penyelundupan barang terlarang melalui area brandgang.

“Walaupun di sini kita telah dilengkapi dengan CCTV, tapi tugas utama kita dan fungsi kontrol kita secara insting alami itu harus tetap kita pakai. Sehingga, saya berinisiatif dan melakukan koordinasi dengan pimpinan serta jajaran pejabat untuk dapat memperbaiki area ini, di mana banyak rumput liar yang sering sekali tumbuh membuat pandangan agak terbatas,” ujar Alamsyah.

Sementara, Kepala Subseksi Keamanan Lapas Tual, Mesfer, yang juga turut mengawasi kegiatan tersebut, menyampaikan pihaknya sangat mendukung hal ini. Ia mengutarakan bahwa jajaran Lapas Tual perlu berkaca pada beberapa tahun sebelumnya, di mana sering ditemukan benda-benda seperti minuman keras dan handphone yang di lempar dari luar tembok Lapas.

“Kejadian itu sering saya temukan menjelang hari-hari besar perayaan, beruntungnya petugas selalu siaga melakukan kontrol pada area-area steril dan titik-titik krusial tersebut,” tutur Mesfer. (prv)

 

Kontributor: Lapas Tual

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0